ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Cemburunya Seorang Istri

24 January 2019 14:40:46
cemburu,istri,suami,bijaksana
freestock.org

ChanelMuslim.com – Cemburu dalam rumah tangga itu ibarat garam dalam masakan, berperan sebagai penyedap. Takarannya secukupnya saja. Terlalu banyak akan terlalu asin dan membuat makanan tidak bisa dimakan. Terlalu sedikit, akan menjadi hambar dan juga menjadi tidak enak untuk dinikmati.

Istrilah yang biasanya lebih sering dihinggapi rasa cemburu. Meski begitu bukan berarti suami tidak punya rasa cemburu. Apa pasal yang membuat perempuan cemburu, perempuan cemburu pada perempuan lain yang mempunyai kecantikan atau keterampilan yang lebih baik dari dirinya. Perempuan cemburu jika suaminya lebih memberi perhatian pada perempuan yang bukan istrinya atau bahkan sering membanding-bandingkan dirinya dengan perempuan lain.

Sifat cemburu ini bukanlah sesuatu yang negative. Seorang perempuan yang cemburu itu wajar dan manusiawi. Bahkan istri-istri rasulullah pun tidak lepas dari sifat cemburu.

Sahabat Anas bin Malik menceritakan, “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berada di rumah salah seorang istrinya.” Anas berkata, “Menurutku adalah Aisyah.” Lalu Salah seorang istri beliau yang lain mengirimkan sepiring makanan yang diantar oleh utusannya, namun istri yang bersama beliau membuang piring yang berada di tangan utusan sehingga pecah terbelah menjadi dua. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan:  “Ibu kalian sedang cemburu.” Lalu beliau menyatukan dua pecahan piring tersebut dan meletakkan makanannya di atasnya seraya bersabda: “Makanlah oleh kalian!” maka para sahabat pun memakannya. Sementara beliau tetap memegang piring yang pecah tersebut hingga mereka selesai memakan makanannya, lalu diberikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebuah piring yang lain, lalu beliau pun tinggalkan yang pecah.” (HR. Ahmad)

Hadits di atas merupakan pelajaran untuk para suami dalam mengatasi kecemburuan istri. Rasulullah menyebut perbuatan Aisyah tersebut sebagai bentuk cemburu. Meski begitu Beliau tidak langsung menghardik Aisyah atau memarahinya karena merasa Aisyah telah mempermalukan dirinya di hadapan para sahabat yang sedang bertamu.

Dengan sabar dia mengatakan jika ibunda Aisyah sedang cemburu. Bahkan beliau menyatukan piring yang terbelah itu dan meletakkan kembali makanan yang tercecer ke atas piring tersebut. Kemudian beliau meminta para sahabat untuk memakannya.

Rasulullah kemudian mengganti piring yang pecah itu dengan piring milik Aisyah dan meminta seorang pembantunya untuk mengirimkan piring itu kepada istrinya yang mengirim makanan itu. Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat at-Tirmidzi, “merusakkan makanan diganti dengan makanan, bejana diganti dengan bejana”. Dan perkara itu selesai tanpa drama berseri alias selesai dengan baik-baik.

Menghadapi kecemburuan istri memang harus dengan sikap santun dan bijaksana. Rasulullah yang memiliki akhlak yang sempurna telah mengajarkan sikap itu kepada kita. Beliau tidak pernah bersikap kasar atau bahkan tidak jujur pada istri-istrinya. Bahkan beliau tidak pernah menggunakan kekerasan fisik dalam menghadapi sikap istri-istrinya yang terkadang membuat hatinya gundah.

Sebaliknya, untuk para istri, mempunyai rasa cemburu itu wajar jika tidak berlebihan. Jangan sampai menimbulkan sikap tidak mempercayai suami hingga terus memata-matainya dan menyelidikinya dengan cara yang tidak baik. Mengumbar amarah bahkan hingga mengeluarkan kalimat-kalimat yang tidak baik. Bagaimana pun suami itu adalah pemimpin dalam keluarga kita. Seorang istri mempunyai kewajiban untuk menaati dan menghormatinya. Wallahu’alam (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
cemburu
istri
suami
bijaksana
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
22 April 2018 10:30:31

Dua Perempuan Mulia

 
SUAMI ISTRI
23 March 2018 06:00:01

Mengubah Bosan Menjadi Produktif

 
SUAMI ISTRI
21 July 2018 06:00:02

Adam dan Hawa

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284