ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
PARENTING

Membangun Ikatan Persaudaraan di Antara Anak

28 June 2019 23:20:52
Membangun Ikatan Persaudaraan di Antara Anak
Foto: The Muslim Times

oleh: Kiki Barkiah

ChanelMuslim.com--Membangun ikatan persaudaraan di antara anak-anak serta menjaga keistiqomahannya itu tidak mudah. Namun sesungguhnya fitrah manusia itu berkasih sayang di antara sesama. Hanya saja, kita perlu berikhtiar untuk membentuk lingkungan agar nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang itu dapat tumbuh subur.

Pertengkaran dan perselisihan adalah sesuatu yang wajar terjadi ketika mereka masih berusia kecil, hal ini terkait dengan keterbatasan pengalaman dan pemahaman mereka akan nilai-nilai kehidupan. Namun, bagaimana kita merespon peristiwa perselisihan antarsaudara ketika mereka kecil, menjadi salah satu faktor yang akan mewarnai bagaimana gambaran persaudaraan mereka di masa yang akan datang. Ketidakbijaksanaan orang tua dalam merespon pola hubungan antar saudara sering menjadi penyebab ketidakakuran hubungan saudara di masa yang akan datang. Terlebih bila ada ketidakadilan dalam pembagian perhatian dan kasih sayang, serta dalam hal ketegasan pendidikan dan penegakkan aturan.

Perlu memperbanyak momentum kebersamaan dalam kebahagiaan sehingga kenangan itu kelak akan menjadi pengikat hati di antara mereka. Perlu memperbanyak latihan empati, kepedulian, toleransi, dan sikap tolong menolong melalui kejadian-kejadian sehari-hari, agar kelak mereka dapat membangun sebuah persaudaraan yang saling membangunkan yang terjatuh, menopang yang rapuh, mendukung yang lemah, meluruskan yang khilaf. Sebuah persaudaraan yang saling tolong-menolong dalam kebajikan serta saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Sehingga kelak ketika kita tiada, tongkat estafet penjagaan dan bimbingan anak dapat kita teruskan kepada saudara-saudara mereka.

Latihan kepedulian, empati, toleransi tolong-menolong harus kita latih dari hal-hal yang sederhana sedari mereka kecil. Agar mereka merasa menjadi bagian dari sebuah tim besar yang saling bekerja sama untuk memenuhi keperluan, kebutuhan dan mewujudkan tujuan bersama. Sehingga ketika tangan dan kaki ayah-ibu sedang tidak mampu untuk melakukan sesuatu kepada anaknya, ada pembagian tugas kepada saudara lainnya untuk membantu. Meskipun secara tanggung jawab menjadi tanggung jawab orang tua, namun secara tugas dapat didelegasikan. Mulailah dari hal-hal yang sederhana, agar mereka terbiasa saling mendukung dan membantu, dengan bobot yang sesuai dengan usia dan kemampuannya.

Jangan mengambil semua beban dan melakukan segala hal sendiri seperti seorang super parent. Berbagilah beban dan tugas kepada seluruh anak, termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan saudara lainnya agar mereka terbiasa saling bekerja sama, saling membantu, saling menopang. Sehingga adik-adik pun akan tumbuh rasa cinta dan kasih sayang kepada kakak-kakak mereka yang sering membantu. Kelak ketika sudah lebih dewasa adik-adik pun akan bergantian memberi kontribusi. Memilih untuk tidak mempunyai baby sitter dan melatih kakak-kakak menjadi baby sitter bagi adiknya, menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membangun kepedulian dan empati itu, asalkan dilakukan dengan bijaksana dan sesuai dengan kemampuan kakak.

Bangun pula komunikasi yang memungkinkan di antara saudara itu dapat saling memberikan nasihat dan masukan kepada saudara lainnya. Tentunya dengan terus mengajarkan mereka tentang adab dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat. Kebanyakan keluarga hari ini sulit menemukan komunikasi yang berbobot dan hangat antarsaudara, karena kesibukan mereka dengan dunia virtual.

Terakhir, jadikanlah anak-anak kita sebagai dai yang menyeru kepada kebaikan, beramar ma'ruf nahi mungkar. Sehingga sebelum ia melakukan hal itu kepada orang lain, maka kewajiban yang paling utama adalah kepada saudara terdekat. Maka mudah-mudahan kelak hubungan yang terbangun di antara mereka adalah hubungan dakwah yang sama-sama saling menguatkan untuk meraih kehidupan mulia di akhirat kelak.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
membangun ikatan persaudaraan di antara anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
18 June 2019 06:38:14

Mengenal Anak yang Hiper - Kompetitif

 
PARENTING
29 November 2018 13:19:11

Antara Ilmu, Iman dan Amal

 
PARENTING
20 August 2018 12:01:04

Melatih Fisik Anak Lewat Latihan Shalat

 
PARENTING
02 October 2018 14:28:20

Bumi itu Makhluk Allah

 
PARENTING
18 October 2019 07:21:35

Bayi 2 Tahun Luka Serius, Hati-Hati Pilih Pengasuh

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284