ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Dampak Parenting yang Buruk Pada Anak

06 February 2020 08:33:23
pengasuhan,parenting,buruk,anak,orangtua,ayah,ibu
pixabay.com

ChanelMuslim.com - Salah satu tugas tersulit orangtua adalah memiliki gaya pengasuhan yang baik dan konsisten. Ada beberapa contoh pengasuhan yang buruk yang dapat memiliki konsekuensi jangka panjang pada anak-anak. Kebanyakan orangtua mengadopsi cara pengasuhan orangtua mereka sendiri sebagai pakem untuk mengasuh anak, yang terkadang sudah tidak sesuai dengan perubahan masyarakat dan lingkungan sosial.

Apa itu pola asuh yang buruk? Pola asuh yang buruk adalah serangkaian tindakan yang dapat secara serius merusak perilaku dan psikologi anak. Pola asuh yang buruk tidak terbatas pada tindakan tunggal, melainkan serangkaian tindakan-tindakan yang biasanya berefek berbahaya pada anak. Kebanyakan pengasuhan yang buruk mungkin tidak disengaja, tetapi ini tidak mengurangi dampak negatifnya pada anak. Beberapa orangtua tidak menyadari konsekuensi dari tindakan ini dan beberapa bahkan mungkin tidak peduli. Pola asuh yang buruk mungkin berasal dari tidak cukup tahunya orangtua bagaimana menjadi orangtua yang lebih baik.

Pola asuh yang buruk dapat memiliki banyak efek buruk pada anak Anda. Dengan gaya hidup kita yang serba cepat seperti sekarang ini, mungkin tampak mudah untuk memberi tahu anak Anda apa yang harus dilakukan. Namun, Anda harus ingat bahwa anak Anda adalah individu yang membutuhkan perawatan dan pengasuhan dari Anda. Pola asuh yang buruk dapat berdampak buruk pada anak Anda dalam hal perilaku dan psikologi. Berikut adalah beberapa efek pengasuhan yang buruk:

1. Perilaku Antisosial

Ketika anak Anda tidak mampu mempertimbangkan bagaimana tindakannya dapat mempengaruhi orang lain, itu dikenal sebagai perilaku antisosial. Prilaku antisosial ini dapat menyebabkan dampak buruk lainnya seperti penyalahgunaan zat, masalah kesehatan mental, kejahatan, dan kesehatan yang buruk. Tindakan pengasuhan yang buruk seperti penyalahgunaan narkoba oleh orang tua, kekerasan dalam rumah tangga, dan ibu yang depresi biasanya berkontribusi pada kondisi ini. Jika diamati perilaku antisosial pada anak-anak juga memilik orang tuanya menunjukkan perilaku selalu mengkritik, negatif, dan kekerasan.

2. Ketahanan yang Buruk

Anak-anak belajar bagaimana mengatasi trauma emosional, mental, dan fisik dari melihat bagaimana orangtua mereka menghadapi kesulitan itu sendiri. Dalam hal ini, pengasuhan yang buruk datang dalam bentuk tidak melindungi anak dari krisis atau tidak mampu menangani emosi negatif, yang pada gilirannya, menular ke anak.

3. Depresi

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orangtua yang memiliki pendekatan negatif akan memiliki anak dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap depresi. Tindakan pengasuhan yang buruk yang mengarah pada depresi termasuk rendahnya dukungan emosional dan fisik, hukuman fisik, dan ekspresi emosi negatif yang tidak sehat.

4. Agresi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak TK yang memiliki masalah kemarahan yang meledak-ledak biasanya memiliki hubungan yang buruk dengan ibu mereka. Teknik pengasuhan negatif seperti penanganan yang kasar dan mengekspresikan emosi negatif terhadap anak selama masa bayi akan menyebabkan anak memiliki tingkat kemarahan yang tinggi.

5. Kurangnya Empati

Jika anak diperlakukan dengan acuh tak acuh di rumah, maka kemungkinan besar dia akan berperilaku sama dengan orang lain di luar.

6. Kesulitan dalam Melakukan Hubungan

Orangtua yang tidak membantu anak mengekspresikan emosinya dengan cara yang sehat akan mendapati anak-anak yang tidak dapat mempertahankan persahabatan. Pola asuh yang buruk juga dapat menyebabkan anak selalu mempertanyakan kepercayaannya pada orang lain dan mempunyai kepercayaan diri yang rendah.

[My/Firstcryparenting]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
pengasuhan
parenting
buruk
anak
orangtua
ayah
ibu
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
26 October 2018 09:58:44

4 Kunci Komunikasi dengan Anak

 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
18 June 2019 06:38:14

Mengenal Anak yang Hiper - Kompetitif

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284