ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Alas Kaki dan Akhlak Pemakainya

24 April 2018 21:34:19
#alaskaki #sepatu #sandal #karakter #parenting
peels.com

ChanelMuslim.com - Di sebuah sekolah setingkat Taman Kanak-Kanak, anak-anak kecil yang menggemaskan sedang sibuk menata sepatunya. Mereka melepaskan sepatunya dan menyimpannya di rak sepatu yang tersusun rapi. Kemudian mereka menggantinya dengan sandal dan tertib menuju tempat wudhu. “Ayo, kita shalat dhuha dulu,” seru Bu guru cantik nan shalihat.

Sepintas lalu, persoalan alas kaki terlihat sepele. Namun, ternyata persoalan bagaimana anak-anak merawat alas kakinya bisa menunjukan karakternya. Anak yang sembarangan melepas dan menyimpan alas kakinya ada kemungkinan anak yang sikapnya masa bodoh. Anak yang main lempar alas kakinya begitu tiba di rumah, mungkin juga anak yang tidak sabaran. Sebaliknya anak yang rapi menyimpan alas kakinya, biasanya anak yang teliti, sabar dan tertib.

Dalam persoalan alas kaki ini, Islam mengaturnya dengan seksama agar kedua telapak kaki kita terlindungi dan terjaga.

1. Mengawalinya dengan niat yang baik sehingga tidak ada perasaan membanggakan alas kaki karena bentuknya, bahannya atau harganya.

2. Jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat kedua kaki dan atas rezeki yang diberi berupa alas kaki yang nyaman. Dan ucapkanlah Basmallah.

3. Rasulullah bersabda, “Sering-seringlah memakai alas kaki, karena sesungguhnya setiap orang sedang berkendaraan, selama dia memakai alas kaki.” (HR. Muslim) Dianjurkan untuk selalu memakai alas kaki untuk melindungi kaki dari kelelahan dan berbagai gangguan di jalan seperti kerikil.

4. Rawatlah dengan baik seperti mencucinya dan menambal bila ada yang sobek.

5. Menjaga kesuciannya. Segera membersihkannya ketika terkena najis seperti kotoran hewan.

6. Duduk saat memakai alas kaki. Rasulullah melarang seseorang memakai sepatu sambil berdiri. Al mana’wi dalam Faidhu Al Qadir menjelaskan, larangan ini berlaku pada alas kaki yang susah dipakai sambil berdiri seperti sepatu bot, bukan pada alas kaki yang mudah dipakai sambil berdiri seperti sandal .”

7. Mulai dari sebelah kanan. Rasulullah bersabda, “Apabila seorang di antara kamu memakai alas kaki, maka hendaklah mendahulukan kaki yang sebelah kanan, dan apabila ingin melepasnya, maka hendaklah mendahulukan kaki yang sebelah kiri. Hendaklah dia pakai kedua-duanya atau melepas kedua-duanya. (HR. Muslim)

8. Memakai kedua-duanya. Dilarang menggunakan alas kaki hanya sebelah. Rasulullah bersabda, “Jika tali alas kaki salah satu dari kalian putus, maka janganlah dia berjalan dengan satu alas kaki, hingga dia memperbaikinya, dan janganlah berjalan dengan satu sepatu bot.” (HR. Muslim)

9. Menghindari alas kaki yang mengganggu kesehatan.

10. Memakai dua alas kaki yang serupa. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
alaskaki
sepatu
sandal
karakter
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
19 December 2019 09:18:30

Mencegah Risiko Pergaulan Bebas pada Anak

 
PARENTING
30 November 2019 22:23:14

Makanan dapat Mempengaruhi Gen Manusia

 
PARENTING
23 April 2020 17:17:25

5 Cara Mendekatkan Alquran ke Dalam Hati

 
PARENTING
20 August 2018 12:01:04

Melatih Fisik Anak Lewat Latihan Shalat

 
PARENTING
14 August 2019 08:25:00

Bedanya Tekad yang Kuat dengan Keras kepala pada Anak

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284