ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

5 Tips Membuat Anak Berani Tidur Sendiri

17 August 2018 22:39:40
#anak #tidur #sendiri
pexels.com

ChanelMuslim.com – Salah satu kewajiban orangtua ketika anak-anak sudah menjelang aqil baligh adalah memisahkan kamar antara anak dan orangtuanya juga antara anak lelaki dan perempuan. Sayangnya untuk membiasakan anak agar bisa tidur sendiri tanpa orangtua termasuk persoalan yang “gampang-gampang susah.”

Berikut tips agar anak mau tidur sendiri:

1. Membuat masa transisi

Tidur sendiri merupakan bagian dari kemandirian anak dan ini tidak bisa dilakukan secara langsung dan seketika. Anak butuh waktu untuk belajar lepas dari orangtuanya. Ayah Bunda bisa menggunakan trik menemaninya hingga ia tertidur atau istilahnya “dikeloni” dulu baru ditinggal.  Atau bisa juga pada siang hari biarkan anak tidur sendiri di kamarnya dan kembali tidur bersama Ayah Bunda di malam hari. Setelah beberapa waktu, mulailah ajarkan anak untuk tidur pada malam hari di kamarnya juga.

2. Buat anak merasa nyaman

Hal yang bisa membuat anak merasa nyaman adalah dengan tidak menceritalan hal-hal seram dan menakutkan kepada anak. dari pada bercerita tentang kisah-kisah seram, lebih bai Ayah Bunda memanfaatkan waktu mengantar anak dengan berkisah atau membacakan buku cerita. Selain membuat anak meerasa nyaman, berkisah atau membacakan buku akan membangun ikatan antara Ayah Bunda dan anak-anak.

3. Menghias kamar anak

Salah satu cara untuk ‘membujuk’ anak tidur sendiri adalah dengan membuat kamar tidur menjadi tempat yang menarik. Hiaslah kamar tidur anak dengan warna kesukaannya. Ayah Bunda juga dapat membelikan anak baju tidur baru atau boneka baru sebagai teman tidurnya. Dengan demikian, anak akan merasa senang dengan pengalaman tidur sendirinya.

Terkadang anak juga ada yag takut pada kegelapan, Ayah Bunda bisa menyiasatinya dengan lampu hias yang mereka suka. Meski dalam kegelapan ada sumber cahaya dari lampu hias yang lucu-lucu bentuknya.

4. Membiasakan anak berada di kamarnya

Terakhir, biasakan anak untuk berada di kamarnya sebelum waktu tidur. Jika anak terbiasa menghabiskan waktu sebelum tidur di kamar orangtuanya, akan lebih sulit baginya untuk pindah ke kamar sendiri untuk tidur. Biasakan mereka untuk merasa nyaman dengan kamarnya sendiri. Ayah Bunda bisa menemani hingga anak tertidur untuk kemudian kembali membiarkannya tidur sendiri.

5. Berikan pujian

Ketika anak sudah berhasil tidur mandiri, jangan lupa untuk memberinya pujian. Kalimat seperti, “Wah kamu hebat. Kamu berani, kamu sudah bisa tidur sendiri”, akan memberikan rasa percaya diri dan keberanian kepada anak-anak.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Ayah bunda terapkan. Sepakatilah keputusan ini bersama pasangan terlebih dahulu. Usahakan juga untuk selalu sabar dan konsisten, agar nantinya anak berani tidur sendiri. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
anak
tidur
sendiri
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
10 November 2019 10:22:32

Pemuda-Pemuda Hebat dalam Asuhan Rasulullah

 
PARENTING
14 August 2019 08:25:00

Bedanya Tekad yang Kuat dengan Keras kepala pada Anak

 
 
PARENTING
16 March 2018 06:00:02

Bolehkah Memukul Anak?

 
PARENTING
23 October 2018 17:05:30

Bendera di Tanah Airku

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284