ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Liburan Telah Usai

15 July 2018 20:54:03
Liburan Telah Usai
State of Opportunity

Oleh: Nur Ummu Faza

"(Tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah." (QS. Ar-Rum : 30)

ChanelMuslim.com-Islam agama fitrah yang mengajarkan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan. Islam memerintahkan pemeluknya beribadah sekaligus menganjurkan rihlah atau refreshing. Islam menuntun pemeluknya tidak hanya menggapai sukses di dunia namun juga sukses di akhirat. Islam pun menganjurkan pemeluknya untuk bekerja juga beristirahat. Salah satu bentuk beristirahat adalah dengan berlibur.

Berlibur pada dasarnya mengalihkan waktu dengan melaksanakan kegiatan yang bertujuan rehat atau menggunakan waktu dengan istirahat, terbebas dari rutinitas keseharian.

Aspek keseimbangan yang mesti diperhatikan, dalam berlibur tidak hanya bersenang-senang, tetapi juga harus bernilai ibadah dan bermanfaat. Tidak ada yang sia-sia dalam setiap waktu luang seorang muslim yang mengambil Alquran dan As-Sunnah sebagai pedoman.

Siapapun akan senang berlibur dan rehat sejenak dari rutinitas. Mengadakan perjalanan bersama keluarga, atau sekadar bersilaturrahim dengan keluarga di kota lain.

Lalu, bagaimanakah Islam memandang kegiatan semacam ini? Allah SWT berfirman :

"Katakanlah: “Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa.” (QS. An-Naml : 96)

Hmm.. Mengambil hikmah dan ibroh/pelajaran, itu yang Allah inginkan dari setiap perjalanan/traveling yang kita lakukan.

Alih-alih melupakan shalat, lalai dzikrullah bahkan terjerumus dalam maksiat, traveling seorang Muslim membuatnya semakin dekat dan takut pada Allah karena hatinya tunduk tergugah menyaksikan ayat-ayat kauniyah-Nya yang terhampar di muka bumi.

Dalam buku Ushulud Dakwah halaman 117, Dr. Abdul Muhaimin Abdus Salam menuliskan,

“Pada dasarnya, tabiat manusia sebagaimana yang Allah SWT ciptakan, tidak menyukai beban yang memberatkan, bosan dengan pekerjaan yang melelahkan, lelah jika semua kesempatan tersita untuk bekerja, terlebih lagi pekerjaan yang membebani jiwa, seperti amal ibadah.”

Beliau melanjutkan, “Terkadang rasa bosan dan lelah menyergap ke relung jiwa, sehingga menyebabkan kondisi ruhani melemah dan mengalami kegagalan. Manusia membutuhkan suasana yang bisa merehatkan jiwanya, otaknya, dan fisiknya.”

Namun, kini liburan telah usai. Segudang aktivitas kembali menanti di hadapan. Sebagai seorang Muslim, layaknya kita bersuka cita menyambut liburan, dan bersuka cita pula saat kembali melaksanakan rutinitas untuk menuai sebanyak-banyak pahala sebagai bekal amal sholih.

Liburan telah memberi kita dan buah hati waktu untuk bersantai serta memanjakan diri berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Liburan yang bernilai ibadah dan sarat hikmah telah mengisi jiwa kita dengan energi dan semangat baru, ibarat baterai yang baru terisi penuh. Maka, tak ada dalam kamus seorang Muslim ia menjadi malas beraktivitas pasca liburan.

Mari Sahabat, kita tanamkan kepada diri, pasangan dan anak-anak kita untuk semangat beraktivitas yang bernilai amal sholih, baik bekerja, menghafal Alquran dan belajar kembali.

Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda.... "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon.” (HR. Muslim)

Anak-anakku, berlibur hanyalah sebuah jeda. Ibarat musafir tengah melakukan safar, lalu ia turun minum sejenak, kemudian melanjutkan perjalanan. Demikian pula hakikat liburan kita. Perjalanan kita masih panjang hingga di titik pemberhentian yang Allah takdirkan. Dengan memperbaharui keikhlasan, insya Allah semua akan terasa lebih ringan dan pastinya bernilai ibadah.

Semangat menyambut hari baru, anak-anakku... Semoga Allah selalu menjaga kita dalam kebaikan.

#MakhrojaJatiasih, 16072018

[ind]



Penulis : Redaksi
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 18 September 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
liburan telah usai
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
27 October 2017 01:39:48

Belajar Memaknai Hidup dari Petani Sawi

 
OASE
09 January 2019 12:50:40

Cara Menjernihkan Hati

 
OASE
21 August 2018 12:50:28

Wisata Bencana

 
OASE
25 August 2018 21:04:04

Tips Praktis Menghapal Alquran

 
OASE
12 July 2018 00:03:55

Belajar dari Nikita Mirzani dan Harun Yahya

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284