ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 23 September 2019 | 24 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

ACT Targetkan 100 Ribu Hewan Kurban di 34 Provinsi

06 August 2019 14:02:50
Global Qurban ACT, Idul Adha
Salah satu mitra ternak ACT di Kabupaten Blora (foto: Ilham CMM)

ChanelMuslim.com - Aksi Cepat Tanggap menargetkan 100 ribu hewan kurban di 34 provinsi dan menjangkau 7.500.000 penerima manfaat.

Jangkauan target yang luas itu menurut Presiden Global Qurban, Hafit T. Mas'ud masih banyak masyarakat di pelosok Indonesia yang belum merasakan daging kurban.

"Pada tahun 2018 di Desa Nanggela, Tana Toraja, saat itu ada warga yang mengaku sudah 50 tahun tidak merasakan daging qurban," katanya di Peternakan ACT, Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora.

Dari cerita pengalaman di berbagai target program itu, kata Hafit, ibadah kurban bukan sekadar aktivitas penyembelihan hewan.

"Lebih dari itu, kurban memiliki dimensi aktivitas ritual ibadah, syiar dakwah lslamiyah, kebermanfaatan sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam penyediaan serta pendistribusian hewan kurban," tambah Hafit.

Di dalam pengelolaan profesional Global Qurban, (terdapat filantropi Islam berbentuk wakaf sebagai penggerak utamanya. ACT menginisiasi Global Wakaf Foundation sebagai lembaga yang khusus mengelola filantropi dan kebermanfaatan wakaf. Salah satu program masterpiece-nya adalah Kawasan Wakaf Terpadu (KWT) Blora. Dalam KWT ini, terdapat Lumbung Ternak Wakaf (LTW) yang mengelola implementasi wakaf dalam penyediaan hewan kurban. Dalam penyediaan hewan kurban, program LTW menyerap banyak sumber daya manusia (SDM) di berbagai daerah. LTW melibatkan para peternak dan petani daerah untuk mengelola stok hewan kurban dengan pola pemberdayaan yang menyejahterakan sehingga roda ekonomi masyarakat di wilayah implementasi GQ terus bergerak.

Imam Akbar selaku President Global Wakaf mengungkapkan, "Dalam kawasan ini (LTW), aset-aset wakal produktif dikelola secara optimal sehingga mampu membawa ekonomi masyarakat setempat ke arah yang lebih baik. LTW juga memastikan hewan kurban yang akan disembelih sesuai dengan syariah serta membuat pengelolaan manajemen stok terjaga.

"Sebab, faktor ketidakpastian stok membuat fluktuatifnya harga hewan kurban. Perbaikan ekonomi peternak bahkan terlihat pada kualitas hidup keluarga mereka. Beberapa peternak mampu menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi dengan hasil dari beternak di LTW," ungkapnya.

Sebagai lembaga pengelola kurban profesional, Global Qurban (GQ)-ACT pun terus berkomitmen untuk memperluas maslahat kurban. Lewat berbagai macam program hewan, Global Qurban berupaya menghadirkan lebih banyak kemudahan berkurban sehingga Idul Adha bisa menjadi sarana elaborasi persaudaraan yang baik antara pekurban dan penerima daging kurban. [Lam]



Penulis : anugrahilham
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 01 January 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
global qurban act
idul adha
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
02 February 2018 14:47:57

Sahabat Surga

 
OASE
17 October 2017 05:54:37

Siapakah Saya?

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284