ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
LIFESTYLE

Adrian Maulana Berbagi Tips Tetap Bertahan di Tengah Corona bagi Pebisnis

04 April 2020 09:09:19
Adrian Maulana, Instagram,
Instagram @adrianmaulana

ChanelMuslim.com - Pandemi Wabah Covid-19 yang melanda sebagian wilayah di Indonesia dengan Jakarta sebagai epicentrum wabah terbanyak, ternyata juga berdampak bagi bisnis. Banyak para pebisnis yang akhirnya memutuskan tutup sementara, tutup total dan ada juga yang bertahan dengan pertimbangan masing-masing. Termasuk dengan Adrian Maulana. Pemilik usaha Alcal Coffee ini mengungkapkan di akun instagramnya @adrianmaulana bahwa banyak pertimbangan dalam melanjutkan bisnis bagi setiap orang.

"Salah satu bisnis yang terdampak wabah adalah sebagian besar usaha restaurant (termasuk saya yang punya usaha @alcal_coffee ), dimana banyak pengusaha yang harus kurangi jam operasional, jumlah karyawannya, demi efisiensi agar mampu bertahan walau entah sampai kapan," komentar suami dari psikolog Dessy Ilsanty yang ditulisnya Senin (30/3).

Ayah dua anak ini juga mengamati tidak sedikit yang memutuskan tutup usaha dengan berbagai pertimbangan.

"Ngga sedikit yang udah langsung memutuskan tutup usahanya sampai batas waktu yang ngga ditentukan. Well, semua punya pertimbangan masing-masing,"lanjutnya.

Sebagai Manager investasi, Adrian menyarankan agar teman-teman yang masih bertahan dalam bisnis bisa melakukan berbagai strategi.

Adrian Maulana Berbagi Tips Tetap Bertahan di Tengah Corona bagi Pebisnis Instagram @adrianmaulana

Berikut tips yang diberikan oleh Adrian Maulana bagi para entrepreneur agar tetap bertahan di tengah Wabah Covid-19 ini:

1. Delivery Online

"Buat teman-teman yang masih bertahan, saya rasa ‘online delivery’ (mengingat outlet yang sepi) masih bisa diandalkan. Siapin fasilitas mobile payment. Trus, manfaatin waktu-waktu ini buat evaluasi strategi bisnis (promosi, dsb). Biasanya kalo keadaan terjepit, kita lebih kreatif," sambung Adrian menyemangati.

2. Kreatif, Proaktif dan Eksis

Selain itu, sebagai pebisnis kita harus lebih proaktif dan eksis.

"Lalu coba lebih proaktif hubungi customers. Jangan sungkan/gengsi. Tunjukin komitmen kalo usaha kita masih eksis. Insya Allah ada yang mau support," sebut Adrian lagi.

3. Gunakan Produk/Supplier Lokal

Tak lupa, Adrian juga menyarankan agar para pebisnis mulai menggunakan produk lokal agar usaha berjalan dengan lancar.

"Terakhir, usahakan gunakan produk/supplier lokal. Karena kita tidak tahu nih sampai kapan pembatasan pengiriman barang dari luar negeri. Saya yakin bahwa ujian ini membawa banyak hikmah. Satu hal yang pasti, saya pribadi sadar kalo manusia itu lemah. Kalo masalah dihadapi sendiri rasanya berat. Tapi kalo kita kerja sama, saling support menjalani ketetapan ini dengan tawakal, sabar & ikhlas, insya Allah kita bisa," tutup Adrian memotivasi. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
adrian maulana
instagram
 
BERITA LAINNYA
 
 
LIFESTYLE
03 May 2019 09:50:46

Hamil Anak Pertama, Ini Doa Kartika Putri

 
LIFESTYLE
07 December 2018 20:33:00

Lumine Jepang Resmi Hadir di Plaza Indonesia

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284