ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Panduan Asupan Nutrisi Anak selama Ramadan

09 May 2019 06:36:38
Kesehatan, panduan gizi, panduan gizi anak ,
Ilustrasi anak (source: Hello Doktor)

utrisinya.

ChanelMuslim.com - Datangnya bulan puasa membuat semarak rumah keluarga muslim menjadi lebih hidup. Apalagi yang anak-anak mereka juga bersemangat melaksanakan salah satu Rukun Islam ini.

Pengalaman makan sahur dan berbuka akan jadi pengalaman berharga serta tak bisa tergantikan dengan apapun. Apalagi bersama-sama melaksanakan tarawih berjamaah di masjid.

Tetapi meski kebahagiaan dengan berbagai amalan-amalan tersebut, tetap perhatikan asupan makanan anak kita. Perhatikan nutrisi yang mereka konsumsi, kontrol makanan mereka agar tidak rentan penyakit.

Nah agar puasa buah hati kita tetap bugar hingga hari kemenangan, berikut panduan gizi anak selama Ramadan:

1. Berikan penjelasan mengenai manfaat puasa

Pastikan kita sebagai orang tua telah memberikan penjelasan kepada mereka mengenai puasa dan manfaatnya.

Tanamkan dalam diri mereka bahwa puasa yang mereka lakukan adalah sebuah kewajiban dan akan mendapatkan banyak pahala jika mengerjakan amalan-amalan yang disunnahkan untuk mengerjakannya.

Ketahuilah melatih anak berpuasa sejak kecil akan membuat mereka terbiasa berpuasa hingga dewasa nanti. Berikan mereka motivasi dan usahakan suasana rumah menjadi semarak dengan nuansa Ramadan agar mereka semakin terbawa suasana dan tidak merasa lapar dan haus. Usahakan juga siapkan berbagai worksheet pengetahuan ramadan agar bertambah juga pengetahuan mereka tentang puasa.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi saat Berbuka dan Sahur

Jika selama ini pola makan anak-anak tiga kali sehari pada saat berpuasa akan menjadi dua kali. Sehingga pola ini perlahan akan membuat mereka terbiasa. Pastikan nutrisi yang diberikan seimbang sehingga tubuh mereka terjaga dan asupan nutrisi terpenuhi.

Seperti diketahui Pola menu seimbang, yaitu menu yang memperhatikan kebutuhan gizi, baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air disesuaikan dengan kebutuhan gizi anak.

Kalori sebagai sumber energi untuk aktivitas, dan metabolisme basal. Protein untuk pertumbuhan, vitamin serta mineral sebagai pembangun dan pemelihara kesehatan.

3. Buatlah Sahur Menyenangkan

Biasanya membangunkan anak saat sahur butuh usaha maksimal. Mereka akan sulit dibangunkan. Pastikan sebelum mereka tidur kita sudah membuat kesepakatan mengenai menu yang mereka inginkan. Berikan mereka motivasi bagaimana keutamaan sahur dan hal lain. Buat sahur mereka menyenangkan.

4. Pastikan Asupan Air Cukup

Asupan air saat sahur dan berbuka, maka anak akan terhindar dari dehidrasi. Selain air putih, asupan cairan juga bisa diberikan dalam bentuk jus buah. Jus buah sangat baik menjaga kesehatan anak, karena selain cairan, di dalam jus buah juga terkandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Serat di dalam buah juga bersifat mengenyangkan sehingga dapat menahan rasa lapar di saat berpuasa.

Susu juga bisa jadi alternatif asupan cairan. Susu sangat penting dikonsumsi saat berpuasa. Selain memberikan cairan tubuh, di dalam susu juga mengandung nutrisi yang lengkap, seperti protein, kalori, lemak, vitamin, dan mineral esensial yang diperlukan anak di masa pertumbuhan. Dengan minum susu, asupan nutrisi anak menjadi semakin lengkap dan menutupi kemungkinan kekurangan asupan gizi dari berkurangnya jumlah waktu makan.

5. Berbuka dengan Hidangan Manis

Setelah seharian berpuasa, pencernaan seperti lambung dalam kondisi kosong. Jangan memberikan makanan berbuka yang terlalu asam atau berbumbu pedas karena dapat menggangu pencernaan anak, seperti sakit perut atau diare.

Awali berbuka dengan kudapan manis yang bergizi. Seperti kurma, kolak pisang, jus buah, puding buah atau susu yang mengandung gula. Makanan manis yang mengandung gula akan cepat mengembalikan energi anak sehingga anak tidak lagi merasa lapar dan lemas.

Setelah solat Magrib, berikan anak makanan menu lengkap yang mengandung sumber karbohidrat, protein nabati, protein hewani, lemak, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini bisa diperoleh dari menu seimbang.

6. Berikan apresiasi

Selain kita memperhatikan asupan gizi mereka. Pastikan mereka berbahagia dengan usaha mereka dalam berpuasa. Meski mereka hanya berpuasa setengah hari, sampai ashar atau full.

Apresiasi kita akan membuat dia makin percaya diri dan pastikan mereka berpuasa karena Allah.

Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
kesehatan
panduan gizi
panduan gizi anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
19 July 2019 07:56:41

Ini 5 Manfaat Daging Kambing bagi Pria

 
 
KESEHATAN
26 August 2019 06:06:56

5 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
11 April 2019 16:30:02

Ini Akibat Jari atau Benda Tajam Masuk ke Alat Vital

 
KESEHATAN
19 January 2018 15:37:28

Atasi Tekanan Darah Tinggi dengan Meminum Air Timun

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284