ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Biasa Kenakan Baju Baru tanpa Dicuci, Ini Akibatnya

15 April 2019 12:00:02
Kesehatan, baju baru,
Source: Indiatvnews

ChanelMuslim.com - Meski baju baru, tetap harus dicuci terlebih dahulu sebelum mengenakan. Proses sebelum baju sampai ke tangan konsumen itu mengalami proses yang panjang. Mulai dari proses kapas diolah kain, kemudian menuju proses produksi desain dan banyak lagi prosesnya. Disana tentunya ada peluang penyebaran kuman dan lainnya.

Profesor dermatologi Donald Belsito dari Columbia University Medical Center, seperti dikutip dari Daily Mail menyebutkan bahwa dirinya banyak menemukan kasus penyebaran kutu lewat baju baru.

"Saya sudah banyak lihat kasus penyebaran kutu yang disebabkan karena mencoba-coba baju di toko, dan ada penyakit infeksi tertentu yang bisa tersebar lewat pakaian," kata profesor dermatologi Donald Belsito.

Agar baju baru tidak menyebabkan penyebaran penyakit kulit, berikut tips menghindari penyebaran penyakit dari baju baru:

1. Cuci baju baru terlebih dahulu sebelum dipakai

Selain bisa terkena kuman atau iritasi karena baju yang sudah dicoba berbagai macam orang, kulit juga bisa bermasalah akibat bahan kimia yang digunakan pada tekstil.

Bahan kimia, residu pewarna tekstil dan bahan pengawet biasanya masih mengendap pada kain baru. Bahan pengawet digunakan untuk menjaga produk-produk pakaian tetap bagus kualitasnya saat didistribusikan.

2. Perhatikan proses penanganan

Jika terkena kulit langsung, bahan kimia pada baju bisa menimbulkan iritasi. Terlebih lagi pada kulit yang sensitif.

Salah satu bahan kimia yang terdapat pada pakaian adalah formaldehyde, yang berfungsi mencegah baju kusut atau berkerut.

Zat ini bisa memicu timbulnya eczema atau eksim dan peradangan kulit. Sementara bahan pewarna tekstil berpotensi menimbulkan iritasi.

Tidak hanya itu saja, formaldehyde juga meningkatkan risiko alergi bahkan memicu kanker kulit, menurut sejumlah ilmuwan. Maka dari itu, sangat penting mengutamakan kebersihan pakaian baru dengan mencucinya secara menyeluruh. Lebih baik lagi menggunakan deterjen bebas kuman yang aman bagi pakai anak-anak maupun dewasa.

3. Setrika

Pastikan menyetrika baju baru sebelum mengenakan. Rasa hangat setrika akan mematikan kuman-kuman.

Usahakan menyetrika sesuai jenis baju baru. Gunakan panas yang tepat untuk membuat baju bebas kuman dan lembut.

Semoga bermanfaat. [Jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
baju baru
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
07 August 2019 06:53:34

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
23 February 2018 09:00:01

Manfaat Meminum Air Kayu Manis untuk Kesehatan

 
 
KESEHATAN
18 December 2019 14:00:01

Ini Dia Jus Pembersih Liver ala Resep JSR

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284