ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Buka Puasa 

02 July 2015 08:07:17
Buka Puasa 

kulinermamChanelMuslim.com - Lain daerah lain menu.

Masalah buka puasa yang kadang  saya suka berpikir, orang Indonesia itu lucu selalu berbuka puasa dengan berbagai macam menu makanan, apa saja ada.

Oke, Rasulullah memang menganjurkan berbukalah dengan yang manis, maksudnya tuh kurma. Tiga butir kurma berdasarkan penelitian dokter mengandung kalori yang tinggi yang cukup banget untuk naikin kadar gula kita, sehingga kita jadi kuat lagi. Keren  yaa kurma, tapi orang Indonesia mengartikannya dengan bukaan yang manis mulai dari cendol, kolak dan teman-temannya, padahal rasa manis dari gula itu mengandung insulin yang bikin tubuh jadi lemas.

Nah untuk bikin kurma itu gak melekat, air putih sudah paling cocok temannya. Lucu banget deh kurma kalau berteman dengan cendol atau es doger.

Tapi itu adalah kenyataan, sering saya melihat menu buka puasa orang Indonesia itu campur aduk, dari ubi goreng, es kolang-kaling, pek-mpek, kue bolu, gorengan dan lainnya.  Saya suka mikir orang Indonesia itu uangnya banyak sebetulnya, karena bulan Ramadan ini kita kayak pesta sebulan. Makanan yang gak pernah ada jadi diada-adakan.

Nah untuk bikin kurma itu gak melekat, air putih sudah paling cocok temannya. Lucu banget deh kurma kalau berteman dengan cendol atau es doger.

Tapi itu adalah kenyataan, sering saya melihat menu buka puasa orang Indonesia itu campur aduk, dari ubi goreng, es kolang-kaling, pek-mpek, kue bolu, gorengan dan lainnya.  Saya suka mikir orang Indonesia itu uangnya banyak sebetulnya, karena bulan Ramadan ini kita kayak pesta sebulan. Makanan yang gak pernah ada jadi diada-adakan.

Saya ingat, waktu anak-anak masih kecil juga begitu, apa yang mereka suka itu ada di depan mata. Mulai dari es krim, chiki-chiki, ayam goreng, gak lama  burger, milo, walaupun  akhirnya yang berhasil di makan dengan sukses cuma ayam goreng dan nasi putih saja. Namun itu adalah bentuk panik seorang ibu yang pingin anaknya belajar puasa sejak masih kecil (*jangan ditiru).

Yang saya soroti, kemarin ada acara buka puasa di rumah seorang pejabat. Beliau  orang kaya, cuma menu bukanya sesuai banget dengan saya yang lagi mencoba untuk diet; air putih, kurma dan pisang rebus dan kacang-kacangan. Wah kalau hujan pas banget tuh, pikir saya. Eh benar juga, pas ba'da magrib ada sedikit hujan bermunculan di teras rumah. Intinya udara dingin menunjang banget dengan menu buka puasanya yaitu cuma soto dan bakwan jagung, sotonya juga gak komplit. Sotonya hanya semangkuk kecil, tapi pas buat saya.

Saya salut sama sang pejabat, beliau berusaha menerapkan konsep berbuka  itu bukan berarti membuka keran hawa nafsu,  tapi sekedar memenuhi syarat berbuka puasa. Sekedar membedakan antara waktu puasa dan waktu tidak puasa. Bukanlah ketika waktu tidak puasa kita kemudian boleh makan terus menerus. Namun ketika saya keluar rumah, beberapa ibu gerundeng dan ada bau menuduh sang pejabat dengan istrinya sebagai sosok yang pelit. Bahkan ada seorang ibu dengan demonstratif mengajak kami meneruskan buka puasa di warung padang. Saya paham ibu-ibu itu kenapa begitu, yaa karena sudah jadi semacam image, kalau buka puasa di rumah orang kaya pasti banyak makanan enak  dan berlimpah ruah.

Saya teringat ketika menghabiskan akhir Ramadhan di Saudi dengan lebarannya sekalian, dari sejak buka puasa, sahur, sampai  lebaran lagi bahkan minggu depannya ketika makan siang di rumah kawan, menunya sama, nasi mandi/nasi kebuli dan ayam atau kambing, atau nasi yang dikasih kismis begitu.

Sejenak saya bangga jadi orang Indonesia, karena menu sehari-hari dengan menu berbuka puasa dan menu lebaran pasti beda. Kita tentu pernah kan makan siang dengan ketupat, opor dan sambal goreng hati ? Lalu snack-nya kue castangel, nastar, putri salju.

Intinya ada tradisi yang bisa kita lestarikan seperti  menu makanan ketika berlebaran, ada juga tradisi yang harus kita tinggalkan, yaitu buka puasa dengan menu samber gledek, menu apa aja ada...

Apa aja ada yang penting anak-anak puasa. Ajarkan anak-anak ; pilih 2 makanan saja yang untuk hari ini dan apa yang diinginkan selebihnya baru didapat pada buka puasa esok .

Ahh, jadi orangtua memang lelah, tapi kalau tidak punya anak susah juga kan ?!

 

~ 28 june 2015~

(otw dari rumah sang pejabat menuju pulang, “bu, ini saya bawakan ikan, kangkung, kentang, tempe buat buka puasa plus es buah dan juice jeruk.” saya bingung menjawab supirku yang baik hati)

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
14 March 2019 15:00:02

Introspeksi

 
JENDELA HATI
04 October 2017 10:52:18

Pemilihan Warna

 
JENDELA HATI
17 October 2018 17:07:39

Bisik-Bisik Ben

 
JENDELA HATI
10 October 2018 12:03:05

Antre Bensin

 
JENDELA HATI
04 October 2018 11:44:09

Pilu di Palu

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284