ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Apresiasi di Hari Lahir

30 July 2019 15:59:25
Apresiasi di Hari Lahir
Foto: Fifi. P. Jubilea

ChanelMuslim.com – Anak ke-3 saya yang dilahirkan dengan susah payah kemarin ulang tahun. Hobi saya merayakan ulang tahun anak. Walaupun banyak ustaz/ustazah mengharamkannya. Bahkan saya pernah loh ketakutan membawa kue.

Saya takut nggak ada yang makan. Meskipun akhirnya pada doyan semua. Padahal di sekolahan anak saya, semuanya menolak merayakan ulang tahun. Setelah kue dan goody bag habis dibagikan timbul protes di wa grup. "Ustazah, ulang tahun kan haram? Tidak ada dalam Islam."

Saya yang baca nggak sakit hati. Nggak kesal. Nggak juga happy. Nggak juga complain. Nggak juga gusar. Nggak ada rasa. Sebodo amat. Aku kan nggak merayakan ulang tahun dengan minum alkohol atau makan bacon steak , nggak juga pakai uang korupsi. Kalau kayak gitu baru haram. Haha.

Yang jelas sampai kapanpun akan ada ulang tahun untuk anak, ponakan, cucu-cucu, mantu, suamiku, mertua dan staffku.

Ayo siapa yang berani menolak. Aku kasih kue lucu warna-warni dan hadiah serta kartu ucapan yang cantik. Tentu tidak berbau sara atau politik. Tidak juga mengandung duka yang penuh dusta. Nggak ada kan?

Let me happy! Sebagai emak, melahirkan susah tahu. Hampir mati! Sakitnya ampun-ampunan. Apalagi melahirkan Zack yang kepalanya besar. Si anak ke-3 yang jaraknya dengan si kakak sekitar 5 tahun. Jalan keluar baby sudah menutup hampir terkunci.

Pas sudah mau keluar sudah kerasa banget. Bahkan sempat kupegang rambut tipisnya yang sudah keluar. Eh susternya malah bilang, "Nanti Bu, itu cuma perasaan Ibu saja.”

Padahal dia masih perawan belum pernah melahirkan. Lalu pahaku ditahan, dijepit dan ditekan untuk menunggu si dokter yang lagi operasi di kamar sebelah. Akhirnya aku meregangkan tubuh dan pura-pura menyerah. Ketika tekanan si suster melemah dan dia agak menjauh, aku teriak, "Allahu Akbar!” Kakiku kubuka dan duar! Anakku lahir! Tanpa bantuan suster tanpa bantuan dokter.

Lalu si dokter datang dengan santainya 5 menit kemudian. Katanya, “Oh, Bu Fifi hebat. Pandai melahirkan.”

Aku terus terang agak kesal. Lah tadi kamu ke mana saja? Pas aku lagi susah. Hampir anakku mati gara-gara menunggu kamu yang lagi sibuk di kamar sebelah. Akhirnya aku cuma jawab, "Ya Dok, kelinci juga pandai melahirkan tanpa bantuan.”

Lemas-lemas aku masih bisa berbicara seperti itu loh. Dan malamnya aku langsung pulang naik bajaj. Kemudian nggak balik lagi. Feeling empet karena hampir anakku mati. Sudah jelas dia mau keluar malah ditahan. Aku kalau lewat depan RS itu trauma dan nggak mau menginjak tempat itu lagi sekalipun. Jadi ya begitulah derita seorang emak.

So, jangan larang aku merayakan ulang tahun anakku. Disitulah ada rasa cinta dan kasih saying. Mulai dari mengenang lahirnya dan pengorbanan emaknya serta ada tekad untuk ke depan lebih baik, hingga ungkapan rasa dan apresiasi yang nggak mungkin diucapkan pas hari pancasila atau hari kemerdekaan kan? Harus pas hari ulang tahun dong, ya kan?

"Happy birthday my son! Every day I thank Allah for giving me an incredible child. Thank you for being such a great son. I am truly proud of you."

Ada apresiasi di dalamnya yang harus diungkapkan di hari lahirnya bukan di hari pahlawan. Semoga anak kita semua soleh dan menjadi pejuang umat, bangsa dan negara. Aamiin.

Syaikh Shalih bin ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh hafidzahullahu Ta’ala berkata, “Sesungguhnya hal itu (perayaan ulang tahun, tahun baru, dan sebagainya) adalah bid’ah yang tidak disyariatkan. Perayaan-perayaan itu hanyalah dibuat oleh manusia menurut hawa nafsu mereka. Berbagai macam perayaan (‘id) dan apa yang terdapat di dalamnya berupa rasa senang dan gembira, termasuk dalam bab ibadah. Maka tidak boleh mengada-adakan sesuatu apa pun di dalam ibadah, tidak (boleh) pula menetapkan dan meridhainya (tanpa ada dalil dari syariat, pen.).” (Al-Minzhaar, hal. 19)

Website:

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jakartaislamicschoolcom

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

www.instagram.com/fifi.jubilea

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBB

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
13 September 2018 11:02:08

Harga-Harga Belanjaan Terupdate

 
JENDELA HATI
07 December 2017 11:16:29

Seorang Mbak Nani di Mataku

 
JENDELA HATI
17 June 2019 12:00:02

Banyak Beramal Ketika Muda

 
JENDELA HATI
09 March 2018 13:00:02

Dibalik Kekuatan Wanita

 
JENDELA HATI
17 December 2018 14:00:02

Semangat Belajar

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284