ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
INFO BISNIS

Tiga Poin Identitas Asuransi Syariah

03 August 2019 22:25:17
Tiga Poin Identitas Asuransi Syariah, capital life syariah
Capital Life Syariah menyalurkan zakat lewat Baznas

ChanelMuslim.com - Setidaknya, ada 3 poin penting yang harus menjadi identitas asuransi syariah. Hal itu diungkapkan oleh Agus Siswanto, Dewan Pengawas Syariah Capital Life Syariah.

Sebagai identitas asuransi syariah, ada 3 poin dalam mengoperasionalkan asuransi berbasis pada syariah.

"Yang pertama dari segi produk. Setiap produk yang akan diluncurkan harus mendapat profil dari Dewan Pengawas Syariah," kata Agus di Bogor, Rabu (31/7/2019).

Yang kedua, tambah Agus, di dalam pengelolaan aset dan liability termasuk di dalamnya ada investasi yang harus dipastikan pada tempat-tempat yang memang sesuai dengan syariah. Termasuk di dalamnya dalam kaitan ketika perusahaan menghasilkan keuntungan, maka harus dipotong zakatnya.

"Ketiga, dalam aspek pemasaran, juga harus memperhatikan kaidah-kaidah syariah. Contohnya, pembuatan brosur dan promosinya, termasuk dalam praktik juga harus di dalam koridor syariah," jelasnya.

PT Capital Life Syariah adalah bagian dari Capital Financial Group dan sister company PT Bank Capital Indonesia Tbk. Asuransi syariah nasional ini fokus pada industri jasa keuangan yang terintegrasi. Juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK).

Perusahaan asuransi syariah yang berdiri tahun 2016, PT Capital Life Syariah selalu mengutamakan nilai-nilai syariah dalam proses bisnis yang dijalankan termasuk mengelola harta perusahaan yang dimiliki.

"Aturan dari sistem syariah dari segi apapun bisnisnya harus menanamkan nilai-nilai syariah karena investasi harus di-review oleh Dewan pengawas Syariah," ujarnya.

Adapun perbedaan paling menonjol antara asuransi jiwa syariah dan konvensional yaitu dari segi akad.

"Kalau dari segi instrumennya hampir sama hitungannya antara asuransi syariah dan konvensional tapi akadnya beda. Jika akad dari syariah, basisnya itu adalah tolong menolong. Jadi ketika seseorang membayar kontribusi itu, pada dasarnya dia sedang ikut komunitas tolong menolong," tambah Agus.

Perusahaan asuransi syariah pada hakikatnya sebagai pengelola. Berbeda dengan asuransi konvensional yang berjual beli resiko.

"Jadi mengalami resiko, kami yang tanggung jawab," jelasnya.

Agus pun memperjelas dengan memberikan ilustrasi. Jika ada orang yang terkena musibah, diambilkanlah dari kumpulan dana-dana dari peserta untuk tolong menolong.

"Misalnya, salah satu kontribusi dari peserta hanya 50 ribu rupiah. Pas meninggal atau kecelakaan, ia mendapat asuransi dari peserta lain 5 juta. Itulah benefit dari tolong menolong," papar Agus.

Asuransi syariah jelas uang yang didapat dari tolong menolong misalkan seseorang ikut komunitas tolong menolong kemudian tidak mendapatkan musibah namun dia tetap mendapat pahala karena ikut membantu anggota lain. Adapun perbedaan lain dari asuransi syariah yaitu mereka mengajak bukan memasarkan.[ind/Farah]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tiga poin identitas asuransi syariah
capital life syariah
 
BERITA LAINNYA
 
 
INFO BISNIS
07 February 2019 16:07:00

Legging Wudhu Almeera, Solusi Pengganti Kaus Kaki Muslimah

 
INFO BISNIS
25 July 2019 21:45:16

Aqua Japan Kenalkan Lemari Pendingin Terbarunya

 
INFO BISNIS
07 March 2019 02:16:08

Pesonna Hotel Semarang Persembahkan Middle East Menu

 
INFO BISNIS
02 September 2017 23:06:21

Kemenpora Kerjasama dengan Baznas Kelola Qurban

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284