• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Selasa, 9 Juni, 2026
No Result
View All Result
FOKUS+
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Healthy

Menurut Studi Terbaru, Manfaat Buah dan Sayur dapat Mengurangi Risiko Depresi

08/04/2026
in Healthy
Menurut Studi Terbaru, Manfaat Buah dan Sayur dapat Mengurangi Risiko Depresi

Foto: Pinterest

85
SHARES
652
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

SEBUAH studi baru-baru ini menunjukkan manfaat makan buah dan sayur ke dalam menu harian dapat mengurangi risiko depresi dari waktu ke waktu.

Peserta penelitian baru tersebut adalah anak kembar, yang dipimpin oleh para peneliti dari Universitas New South Wales (UNSW) di Australia.

Pesertanya adalah anak kembar berusia 45 tahun ke atas, dari seluruh Amerika Serikat, Australia, Denmark, dan Swedia.

Para peneliti menganalisis data survei tentang pola makan dan suasana hati dari 3.483 orang, dengan periode tindak lanjut hingga 11 tahun.

Baca juga: Ketahui Buah Buahan yang dapat Meningkatkan Daya Ingat

Menurut Studi Terbaru, Manfaat Buah dan Sayur dapat Mengurangi Risiko Depresi

Karena kembarnya lebih mirip secara genetik, para ilmuwan dapat menyatukan perbedaan dalam kesehatan mereka seperti gejala depresi dalam kasus ini, lebih mungkin karena perubahan dalam pola makan, olahraga, dan kondisi kehidupan mereka.

Para peneliti dapat menemukan perbedaan sederhana dalam gejala depresi antara orang yang makan buah dan sayuran tinggi (rata-rata 2,1 dan 2,0 porsi harian rata-rata), dan mereka yang mengonsumsi buah dan sayuran rendah (0,3 dan 0,5 porsi rata-rata setiap hari).

Ketika konsumsi sayuran dan buah-buahan secara moderat dibandingkan dengan asupan rendah, tampak pengurangan gejala depresi lebih lemah untuk sayuran dan tidak ada buah-buahan.

Sebagian besar peserta penelitian masih makan buah dan sayur di bawah rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), yaitu lima porsi secara total per hari.

Follow Official WhatsApp Channel chanelmuslim.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Konsumsi buah dan sayuran dalam dua studi besar Skandinavia sangat rendah, dengan rata-rata keduanya kurang dari setengah yang direkomendasikan WHO.

Temuan penelitian ini tentang hubungan perlindungan antara asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dapat menurunkan gejala depresi.

Temuan ini juga menghadirkan argumen lain untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran pada orang dewasa di atas 45 tahun. [Din]

Tags: Manfaat Buah dan Sayur dapat Mengurangi Risiko Depresi
Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

4 Manfaat Mengonsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan

Next Post

Manfaat dan Cara Quality Time Bersama Anak

Next Post
Manfaat dan Cara Quality Time Bersama Anak

Manfaat dan Cara Quality Time Bersama Anak

Obat Alami untuk Mengatasi Masalah Keputihan

Obat Alami untuk Mengatasi Keputihan ala Resep JSR Zaidul Akbar

Masjid Namirah Jadi Tempat Terpenting di Padang Arafah

Masjid Namirah Jadi Tempat Terpenting di Padang Arafah

  • Bun, Yuk Kenali Gangguan Pencernaan pada 1.000 Hari Pertama Bayi

    124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    8611 shares
    Share 3444 Tweet 2153
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    931 shares
    Share 372 Tweet 233
  • Hukum Membakar Pakaian Bekas

    11423 shares
    Share 4569 Tweet 2856
  • 5 Cara Membuahkan Pohon Anggur

    68 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Suhud Alynudin Resmi Menjabat Ketua DPRD DKI Jakarta, Siap Mengemban Amanah Umat dan Warga Ibu Kota

    68 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Kajian Akbar Bertema Langkah Baik Bersama Muslim Pro dan Maybank Indonesia Digelar Secara Gratis

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Doa Ibu yang Mengubah Nasib Anak

    3874 shares
    Share 1550 Tweet 969
  • Pengertian Mad Thobi’i, Mad Wajib Muttasil, dan Mad Jaiz Munfasil

    4401 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Cara Beristighfar untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

    4629 shares
    Share 1852 Tweet 1157
  • Bangsa yang Lupa Merenung: Relevankah Pancasila di Era Krisis Atensi?

    69 shares
    Share 28 Tweet 17
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga