ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 20 Oktober 2020 | 4 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
HEALTHY

Lima Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

01 April 2020 13:30:01
Manfaat Kolang Kaling bagi kesehatan, kolang Kaling,
Kolang Kaling (Instagram @jmeriana)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, kolang-kaling merupakan salah satu buah yang sering dijadikan olahan es buah dan campuran kolak. Tapi tahukah ternyata kolang-kaling yang kita konsumsi tersebut bermanfaat untuk tubuh.

Seperti dilansir laman alodokter.com ditinjau oleh

dr. Kevin Adrian menyebutkan kolang-kaling ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya, di dalam 100 gram kolang-kaling terdapat 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 1,6 gram serat, 0,5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Kolang-kaling juga merupakan sumber vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling bermanfaat bagi tubuh.

Berikut 4 kandungan yang terdapat pada kolang-kaling yang bermanfaat untuk tubuh kita:

1. Kolang-Kaling mengandung serat yang baik untuk pencernaan

Kolang-kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat dapat melancarkan pencernaan karena membantu mendorong pergerakan makanan di dalam usus. Hal ini membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit dan mengurangi kolesterol. Selain itu, serat juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal.

2. Kolang-Kaling mengandung kalsium yang baik untuk tulang

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak hanya tulang, bagian tubuh lainnya juga memerlukan kalsium untuk dapat berfungsi dengan baik misalnya saraf, hati, dan otot.

Karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka penting untuk mendapatkan asupan kalsium dari makanan, minuman, atau suplemen tambahan.

Lima Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan Instagram @pkulover

3. Kolang-kaling mengandung fosfor yang baik untuk jaringan tubuh

Buah yang kecil dan kenyal ini ternyata juga mengandung fosfor yang baik untuk tubuh.  Setidaknya terdapat 243 mg fosfor di dalam 100 gram kolang-kaling.

Adapun manfaat fosfor sendiri antara lain memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel, serta jaringan tubuh.

Fosfor juga dibutuhkan tubuh untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keteraturan detak jantung dan fungsi saraf manusia.

Lima Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan istock

4. Kolang-Kaling mengandung Zat Besi yang baik untuk mengatasi anemia

Manfaat kolang-kaling lainnya dipercaya didapat dari zat besi yang terkandung di dalamnya. Zat besi sendiri dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida ke luar dari darah, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia defisiensi zat besi.

5. Kolang-kaling mengandung gelatin yang baik untuk diet

Selain itu, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. Gelatin membuat perut lebih mudah kenyang dan meredakan nafsu makan, sehingga cocok bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Gelatin juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita osteoarthritis.

Jadi jangan ragu mengkonsumsi kolang-kaling ya sahabat muslim. Apalagi bentar lagi mau Ramadan bisa jadi menu takjil berbuka yang lezat dan sehat. [jwt/alodokter]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat kolang kaling bagi kesehatan
kolang kaling
 
BERITA LAINNYA
 
 
HEALTHY
19 March 2020 14:15:51

Manfaat Konsumsi Daun Adas bagi Kesehatan

 
HEALTHY
03 June 2020 18:30:02

Tips Pemeriksaan Kehamilan selama Pandemi

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284