ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Syariah Islam Diterapkan Hari Ini, Kaum LGBT di Brunei Kabur ke Luar Negeri

03 April 2019 14:54:49
Dunia Islam
Sultan Hassanal Bolkiah, foto: Dreamers.id.

ChanelMuslim.com- Negara Brunei Darussalam mulai memberlakukan hukum pidana Syariah Islam mulai hari ini, Rabu (3/4). Dalam hukum tersebut tercantum bahwa perzinahan, perkosaan, dan seks sejenis atau LGBT akan dihukum rajam. 

Sultan Hassanal Bolkiah yang juga menjabat perdana menteri menjelaskan maksud dan tujuan diterapkannya Syariah Islam di Brunei.

"Hukum (syariah), selain mempidanakan dan mencegah perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Islam, juga bertujuan mengedukasi, menghormati, dan melindungi hak semua individu, masyarakat, atau kebangsaan, agama, dan ras," jelasnya sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Meski begitu, penerapan Syariah Islam dilakukan dengan beberapa tahap sejak tahun 2014. Tahap pertama, mencakup hukuman penjara atau denda untuk pelanggaran-pelanggaran seperti tidak menunaikan Salat Jumat dan hamil di luar nikah.

Tahap kedua dan ketiga yang akan dilaksanakan pada 3 April ini memuat hukuman yang lebih berat, antara lain hukuman mati dengan cara rajam untuk tindak pidana sodomi dan perzinahan.

Sementara hukuman untuk pencuri akan dihukum dengan cara diamputasi salah satu tangan untuk tindak kejahatan pertama, dan diamputasi salah satu kaki untuk kejahatan kedua.

Seorang pria gay asal Brunei yang kini mengajukan permohonan suaka di Kanada, mengatakan imbas hukum baru ini sudah terasa di Brunei. Dia meninggalkan Brunei tahun lalu lantaran risau bakal digugat dengan tuduhan makar terkait unggahan di Facebook yang bernada kritis terhadap kerajaan.

Mantan pegawai negeri sipil berusia 40 tahun itu mengatakan orang-orang merasa takut.

"Komunitas gay di Brunei tidak pernah terang-terangan. Ketika Grindr (aplikasi kencan khusus kaum gay) muncul, itu membantu orang-orang bertemu secara rahasia. Tapi kini saya, dari yang saya dengar, hampir tidak ada orang menggunakan Grindr lagi," ujar Shahiran S Shahrani Md kepada BBC.

"Mereka takut kalau-kalau orang yang diajak bertemu ternyata polisi menyamar jadi gay. Ini belum terjadi, tapi karena ada aturan baru, orang-orang takut," ujarnya lagi.

Selain ketakutan dari pelaku LGBT dan kaum kriminal, reaksi negatif terhadap penerapan Syariah Islam ini juga datang dari pihak lembaga dunia yang dianggap terhormat seperti PBB. 

Komisioner Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet, menuduh Brunei Darussalam berusaha menerapkan hukum kejam dan tidak manusiawi.

"Saya menyerukan kepada pemerintah untuk membatalkan penerapan hukum pidana baru yang kejam itu, yang akan menjadi langkah mundur bagi perlindungan HAM rakyat Brunei jika tetap diberlakukan," kata Michelle Bachelet, Senin, 1 April 2019.

Anehnya, seruan yang terkesan mulia ini tidak pernah diarahkan ke Israel yang sudah jelas-jelas melakukan pembantaian umat Islam Palestina.

Brunei yang berpenduduk tidak sampai setengah juta ini telah membuktikan negaranya sebagai negara penuh kedamaian (darussalam). Damai untuk mereka yang suka kebaikan dan kesucian.

Tapi di sisi lain akan menjadi negara menakutkan untuk mereka yang hobi maksiat dan kriminalitas seperti kaum LGBT. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
dunia islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
20 February 2019 20:27:27

Berapa Jumlah Muslim di Amerika Serikat?

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284