ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Mahasiswa Asing Pasca Kuliah akan Punya Banyak Kesempatan bekerja di AS

20 April 2019 20:12:58
Mahasiswa Asing Pasca Kuliah akan Punya Banyak Kesempatan bekerja di AS

ChanelMuslim.com - Pemerintah Amerika akan memperluas kesempatan bekerja bagi para mahasiswa asing yang telah selesai belajar di universitas atau perguruan tinggi. Kesempatan kerja itu dilakukan lewat apa yang disebut program OPT atau program Latihan Praktis untuk membantu mahasiswa asing tinggal dan bekerja untuk sementara setelah lulus dari universitas atau lembaga pendidikan mereka.

Kata laporan Pew Research Center yang berkantor di kota Washington, banyak siswa asing belajar tentang sains, teknologi, enjinering dan matematika, empat mata pelajaran yang disingkat dengan istilah STEM.

Jumlah siswa asing yang menggunakan fasilitas OPT untuk bekerja di Amerika dalam bidang STEM itu naik empat kali lipat antara tahun 2008 dan 2016.

Program OPT memungkinkan siswa yang menggunakan visa F-1 untuk tinggal dan bekerja sampai satu tahun setelah selesai pendidikan, tapi dua tahun yang lalu, lulusan STEM bisa menggunakan fasilitas OPT itu selama dua tahun lagi setelah masa satu tahun pertama habis.

Kata Pew Research Center, tahun 2016, misalnya, 172,000 orang asing mendapat pekerjaan lewat program OPT, jumlah ini naik dari 25.000 tahun 2008 dan 73.000 tahun 2014.

Hampir 75 persen siswa asing yang mendapat fasilitas OPT berasal dari Asia, kebanyakan dari India, China dan Korea Selatan. Siswa dari Eropa merupakan kelompok kedua terbesar, sisanya dari Amerika Selatan, Karibia dan Afrika.

Selain visa OPT juga ada cara lain untuk tinggal dan bekerja di Amerika, yaitu dengan menggunakan visa H-1B, yang diberikan pada pekerja asing yang punya keahlian khusus untuk datang dan bekerja di Amerika sampai enam tahun.

Setelah habis masa enam tahun itu, pemegang visa H-1B harus pulang ke negara masing-masing atau mengajukan permohonan untuk tinggal di Amerika secara permanen.

Banyak siswa yang menggunakan fasilitas OPT sebagai langkah pertama untuk mendapat visa H-1B dikemudian hari.

Kata Pew Research Center, tahun 2016, 257,000 siswa asing memanfaatkan OPT untuk tinggal dan bekerja sementara di Amerika, dibanding hanya 85,000 orang yang mendapat visa H-1B tiap tahunnya.[ah/voa]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
07 October 2019 16:48:10

Israel Ungkap Kota Kuno Berusia 5.000 Tahun

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284