ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 14 Desember 2018 | 5 Rabiul Akhir 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
BERITA

Salah Kaprah Gawat Pendidikan ala Najeela Shihab

01 December 2018 14:56:56
Salah Kaprah Gawat Pendidikan ala Najeela Shihab
Foto : syarifah zahrina firda/chanelmuslim

ChanelMuslim.com - Salah kaprah gawat pendidikan sering diartikan lain atau dilihat sekilas mata saja. Menurut Najelaa Shihab, gawat pendidikan bukan hanya dilihat dari mutu pendidikan di daerah terpencil, tapi jauh lebih dari hal tersebut.

"Jadi yang namanya gawat darurat itu gak cuma di daerah terpencil aja, tapi coba lihatlah sekeliling kita," ujar Najelaa Shihab saat ditemui ChanelMuslim.com di kawasan Jakarta, Kamis (29/11).

Najelaa mengatakan, ia selalu memiliki pengalaman langsung bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan nilai-nilai pendidikan. Ketika banyak yang berpikir gawat darurat hanya di luar Jawa, itu salah besar.

Pengalamannya ikut terjun langsung di daerah Jakarta membuat dirinya sedih. Masih banyak anak-anak khususnya anak jalanan yang kekurangan mutu pendidikan.

Misalnya, ada di daerah Pasar Minggu yang jaraknya lumayan dekat dengan stasiun kereta api, di lokasi tersebut terdapat 540 anak jalanan dengan penampungan hanya satu rumah singgah.

Baca juga : Kompetisi Sains Madrasah 2018 Kembali Digelar

Anak-anak yang ditemui tidak bisa sekolah. Kartu Jakarta Pintar juga tidak dapat karena tidak memiliki KTP atau akta lahir.

"Bayangin, itu didaerah ibu kota, apalagi luar daerah," jelasnya.

Para orang tuanya mayoritas pengamen, kadang menunggu anak-anaknya belajar di rumah singgah. Baru setelahnya, orang tua mengajak kembali anak-anaknya untuk mengamen hingga larut malam.

"Dan kalau liat kejadian itu merasa masih banyak PR kita bersama," tambahnya.

Baca juga : Tampil di Ramadhan in Style 2016 : MUSE 101 Hadirkan Rancangan 22 Brands

Salah kaprah perlu diluruskan agar semua orang peduli, bergerak dam ambil peran sesuai kemampuannya. Siapapun orangnya tidak perlu menyalahkan salah kaprah tersebut, tapi tanyakan pada diri sendiri seberapa besar kontribusi yang telah diberi.

Masalah pendidikan sudah ada dari efek puluhan tahun setelah merdeka. Namun, pendidikan saat itu belum menjadi prioritas. Di lihat sisi pemerintah, anggaran untuk pendidikan masih minim dan belum banyak memberikan pelatihan yang menghasilkan mutu pendidikan. Jadi, masih ada banyak orang dimintai sesuatu, tapi tidak bisa melengkapi kompetensinya.

Jumlah anak-anak yang putus sekolah itu masih banyak, bukan hanya diluar daerah saja. Di sisi yang lain, ada yang memang sekolah, tapi masih belum bisa membaca.

"Belum lagi diliat dari tingkat literasi, ada anak baru bisa baca di tingkat kelas 3 SD. Ada juga yang saya temui di Jakarta, anak itu baru bisa baca umur 12 tahun," ungkapnya.

Mengenai masalah pendidikan gawat darurat, orang-orang juga salah kaprah dengan melihat sisi sekolahnya saja. Padahal masalah pendidikan juga bentuknya seperti buang sampah sembarangan, korupsi di berbagai level dan masih banyak lagi.

Melihat kenyataan tersebut secara umum, perbaikan pendidikan bukan hanya diujungnya saja, tapi ke hulunya juga.

"Kalau ada yang bilang kita mendapatkan bonus demografi dari banyaknya pemuda, itu bonus apa kalau anak-anaknya gak bisa baca dan gak tau buat mengembagkan minat bakatnya," tutupnya. (Firda)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
14 December 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
BERITA
16 September 2017 14:58:02

Mendongeng itu Mudah Bersama Dongeng Ceria Management

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284