ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
AYAH BUNDA

Simak Tips Penting Digital Parenting ala Rifky Syabani

09 October 2018 22:12:17
Tips digital parenting, mengatasi anak kecanduan gadget, mengasuh anak di era digital, anak main HP, mengatur gadget untuk anak
Rifky Sya\\\'bani saat mengisi Workshop Muslimah Melek Sosial Media di PC Salimah Jatiasih, Bekasi, Sabtu (22/9)

ChanelMuslim.com-Menjadi orang tua di era digital tentu berbeda dengan orang tua di masa 30 tahun lalu. Ketua Divisi Dakwah Digital Majelis Taklim Telkomsel (MTT) Rifky Sya'bani memberikan tips penting pengasuhan anak di era digital.

Ditemui di sela-sela mengisi Workshop Muslimah Melek Sosmed di Bekasi, beberapa waktu lalu, Rifky mengatakan, hal utama dari digital parenting adalah tidak memberikan gadget sebelum akil baligh.

"Anak tidak perlu diberikan gadget pribadi sebelum waktunya akil baligh. Kalau pun perlu untuk menggunakan gadget, orang tua meminjamkan dengan sederet batasan, misalnya digunakan untuk apa, main game apa, berapa lama, dll," kata ayah dari 4 anak ini.

Dengan cara "meminjamkan", ada komunikasi antara orang tua dan anak. Komunikasi ini bisa menguatkan hubungan antara orang tua dan anak. Orang tua bisa menyampaikan apa saja dampak baik dan buruk dari gadget dan media sosial. Kanal mana saja yang boleh diakses dan apa saja yang nggak boleh dilihat.

"Ortu bisa menyampaikan juga tentang pengawasan Allah, bahwa di mana pun anak berada, apa yang dilakukan anak, Allah pasti tahu, dan semua yang dilakukan akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat nanti," jelas Rifky.

Rifky menambahkan, keteladanan orang tua juga diperlukan agar anak melihat contoh yang baik dari orang tuanya.

"Jangan juga ortu sibuk dengan gadget, jadi bagaimana anak tidak mencontoh?" ujar Corporate Secretary Telkomsel tersebut.

Orang tua dan anak bisa membuat aturan mengenai penggunaan gadget, misalnya saat makan dilarang main HP, HP untuk anak dibatasi maksimal 1-1,5 jam sehari, ada reward and punishment jika ada yang melanggar.

Kemudian, tips berikutnya, orang tua juga sebaiknya mendorong anak untuk beraktivitas di luar ruangan. Alternatif lain, orang tua dan anak juga bisa berkegiatan bersama saat family time, misalnya ke toko buku, berkemah, atau bahkan main gameboard bersama.

"Yang juga terpenting adalah, orang tua harus paham teknologi. Minimal tahu bagaimana mengontrol gadget anak, dengan parental mode, dan sebagainya," tambah alumni Sekolah Tinggi Teknologi Telkom ini.

Dalam pengasuhan anak di era digital, orang tua juga diharapkan menjalin komunikasi dengan sekolah, guru, dan lingkungan sekitar. Dengan kerja sama dan kepedulian terhadap anak, berbagai kejahatan dan kasus anak karena gadget bisa ditekan. [ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips digital parenting
mengatasi anak kecanduan gadget
mengasuh anak di era digital
anak main hp
mengatur gadget untuk anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
05 October 2019 23:06:10

Rumah dan Kelembutan

 
AYAH BUNDA
23 July 2018 21:03:43

Pujian dan Kokohnya Jiwa Anak

 
AYAH BUNDA
06 June 2019 23:31:37

Adab Membawa Anak Bertamu

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284