POLISI dan maling itu tidak pernah damai. Polisi berada di barisan kebenaran. Sementara maling ada di barisan kejahatan.
Dalam film-film jaman baheula, polisi dan maling tidak pernah berdamai. Keduanya saling bermusuhan. Di mana ada polisi, di situ tidak ada maling.
Film pun terus berkembang. Bukan hanya teknologinya, tapi juga bagaimana ceritanya. Semakin era keterbukaan bergulir, cerita dalam film lebih mendekati kenyataan aslinya.
Dalam film kekinian pula, akhirnya publik bisa menyaksikan sosok polisi dan maling dalam wajah yang lain. Ada yang disebut kemasan sindikat, mafia, dan lainnya.
Dalam kemasan sindikat dan mafia, polisi dan maling tidak selalu bermusuhan. Seperti halnya politik, ada adagium yang dipegang, ‘Tidak ada musuh abadi. Yang ada, kepentingan abadi.’ Begitu pun cerita film tentang polisi dan maling.
Polisi dan maling, diceritakan, bersatu dalam satu kepentingan yang sama: kepentingan atau keuntungan. Bentuknya apalagi kalau bukan uang.
Jadi, film menggambarkan seolah ada institusi dalam institusi. Ada institusi resmi, ada yang tidak resmi. Yang resmi seperti yang dipahami publik atau penonton, sementara yang tidak resmi itulah yang menarik.
Dalam institusi yang tidak resmi, anak buah bisa berfungsi sebagai atasan dan atasan menjadi bawahan. Tergantung dari kesepakatan dengan pihak kedua, yaitu maling. Karena dunia maling tidak peduli dengan pangkat, yang penting loyalitas atau kesetiaan.
Film juga menceritakan tentang dinamikanya. Antara lain, polisi diuntungkan dengan setoran yang besarnya bisa berlipat-lipat dari gaji resmi. Sementara maling diuntungkan dengan adanya keamanan dan kenyamanan dalam nyolong.
Ya, namanya juga film. Ada awalnya, ada ketegangannya, dan ada juga cerita akhirnya. Cerita akhirnya biasanya dengan aksi tembak-tembakan.
Siapa yang dimenangkan dari cerita akhir itu? Nah, ini tergantung lagi dengan versi filmnya. Kalau film yang edisi lama, biasanya klise: yaitu polisi baik yang menang dan para maling pun kalah.
Namun di versi terbaru, ceritanya lebih kreatif. Tidak ada polisi baik yang menang, dan tidak juga para maling yang kalah. Yang menang adalah pihak ketiga yang sejak awal memang ‘memainkan’ kebobrokan itu untuk kepentingan diri dan kelompoknya yang lebih besar.
Siapakah pihak ketiga itu? Dalam film Hollywood yang berlatar belakang Amerika, pihak ketiga itu biasanya para politisi licik. Bisa dari kalangan parlemen yang merupakan perpanjangan partai, bisa juga top eksekutif yang haus kekuasaan.
Semua itu hanya dalam cerita film. Semoga tidak pada cerita aslinya. [Mh]