ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

4 Cara Mengatasi Anak Agresif

10 May 2018 07:22:58 #anak #agresif #orangtua
oexels.com

ChanelMuslim.com – Anak berperilaku agresif seringkali menimbulkan masalah. Mereka menjadi anak yang tidak sabaran dan sering menyerang anak lain. Akhirnya mereka menjadi anak yang dihindari anak lain dan tidak mempunyai teman.

Orangtua sebaiknya menyadari perilaku anak agresif dan segera melakukan tindakan mengatasi perilaku ini karena jika tidak diatasi akan berlanjut hingga dewasa. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan evaluasi ke dalam terkait dengan pola hubungan ayah dan ibu juga pola asuh anak. Setelah itu segera melakukan pendekatan pada anak. Berikut ini adalah cara sederhana yang dapat membantu Ayah Bunda untuk mengatasi perilaku agresif pada anak.

1. Menghargai anak

Strategi positif seperti menghargai dan memotivasi akan membantu mengurangi sifat agresif pada anak. Setiap kali Ayah Bunda membawanya ke suatu tempat dan dia berperilaku baik berikanlah pujian dan tunjukkan rasa bahagia dan bangga Ayah Bunda. Hal ini akan membuat anak menjadi ketagihan dengan perilaku tersebut dan anak pun akan merasa nyaman.

Baca juga : Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

2. Diskusi dengan cara yang tepat

Orangtua harus tetap tenang dalam menangani perilaku yang buruk pada anaknya. Ajak anak berdiskusi  ketika suasana sedang baik dan anak sedang bersantai di rumah. Hal ini akan membuat komunikasi anda dengan anak menjadi baik.

3. Memantau pengaruh teman-temannya

Teman sangat berpengaruh terhadap perilaku anak. Jika menemukan teman-temannya yang berperilaku agresif seperti membantah orangtua, segera jelaskan pada anak jika perilaku itu tidak baik.

Baca juga : Adab Memasuki Kamar Orangtua

4. Evaluasi diri

Anak selalu meniru perilaku orang tuanya. Orang tua yang agresif akan menghasilkan anak yang agresif juga. Menjadi orangtua adalah belajar seumur hidup, oleh karena itu jadilah orang tua yang dapat menjadi inspirasi bagi anak-anaknya.

Anak agresif adalah salah satu alarm jika ada yang tidak beres dari pola asuh orangtua. Memarahi bukan solusi, membenahi diri malah menjadi titik balik keluarga kita untuk menjadi lebih baik. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
anak
agresif
orangtua
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
20 September 2018 11:09:31

Ibu, Mata Air Kehidupan

 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
07 September 2018 22:30:09

Cinderella Complex; Sindrom Anak Gadis yang Manja

 
PARENTING
25 June 2018 09:00:52

Menjaga “Manners” Anak-anak Kita

 
PARENTING
23 April 2018 16:42:09

Masa Pubertas untuk Anak Perempuan

 
PARENTING
25 September 2018 19:56:15

Ibu adalah Teladan



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga