ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Semangat, Ini Delapan Tips Liburan Aman dan Tenang di Era New Normal

11 July 2020 08:00:01
Tips wisata, Tips wisata di era New Normal, wisata
Ilustrasi (source: Food Network)

ChanelMuslim.com - Salah satu nikmat terbesar bagi setiap orang adalah bisa beraktifitas dengan bebas kemana saja tanpa ada pembatasan. Tapi Qodarullah, Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 menyebabkan semuanya berubah, termasuk di Indonesia.

Prilaku masyarakat menjadi berubah karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Dan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor paling favorit menikmati kebebasan bersama keluarga tercinta juga ikut terdampak.

Empat bulan berlalu dengan PSBB dan aktifitas lebih banyak dihabiskan #DiRumahAja. Seiiring berjalan waktu, pemerintah mengumumkan akan segera memberlakukan Era New Normal secara bertahap terutama di wilayah Zona Merah, termasuk destinasi wisata akan buka untuk umum secara bertahap dengan mematuhi protokoler pemerintah.

Tentu saja, kabar ini sangat menggembirakan karena kita bisa kembali menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta di luar rumah. Menikmati alam kembali dan aktifitas liburan menyenangkan lainnya. Tapi Era New Normal bukan berarti Pandemi Covid-19 sudah berakhir dan hilang begitu saja. Peluang penyebaran masih ada dan jangan disepelekan. Tetap patuhi aturan protokoler pemerintah.

Semangat, Ini Delapan Tips Liburan Aman dan Tenang di Era New Normal

Jadi sebelum berencana menghabiskan liburan bersama keluarga di Era New Normal, berikut tips aman yang bisa diterapkan:

1. Tentukan Destinasi yang akan Dikunjungi

Tentukan terlebih dahulu destinasi yang akan dikunjungi bersama keluarga. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai aturan yang diterapkan oleh tempat yang akan kita tuju. Jangan sampai waktu perjalanan terbuang sia-sia dan sampai di tujuan belum dibuka atau tidak boleh membawa anak dibawah 9 tahun, harus daftar online dan syarat lain yang mereka berlakukan.

Memilih destinasi yang tidak terlalu banyak orang adalah pilihan bisa dengan menyewa villa atau memilih destinasi wisata alam yang luas yang membuat pengunjung tidak terpusat di satu tempat saja.

2. Pastikan Tubuh Seluruh Keluarga dalam Kondisi Sehat

Jika sudah menentukan destinasi, pastikan tubuh seluruh keluarga dalam kondisi sehat dan fit berlibur. Pastikan suhu tubuh mereka

normal dibawah 37,5 derajat Celsius.

Konsumsilah asupan makanan dan vitamin yang meningkatkan stamina dan imun tubuh. Konsumsi madu bisa jadi pilihan agar daya tubuh kuat.

Semangat, Ini Delapan Tips Liburan Aman dan Tenang di Era New Normal Facebook Taman Margasatwa Ragunan

3. Edukasi seluruh keluarga

Hal penting sebelum berangkat menuju destinasi adalah mengedukasi mereka dengan berbagai aturan. Terutama untuk anak-anak, pastikan mereka paham dengan instruksi yang diberikan. Jika membawa anak usia dini, selalu awasi mereka terutama berikan perlindungan ekstra untuk mereka dan hindari interaksi dengan orang lain.

Semangat, Ini Delapan Tips Liburan Aman dan Tenang di Era New Normal Facebook Taman Margasatwa Ragunan

4. Belilah tiket secara online

Meski new Normal, Social Distancing tetap diprioritaskan sehingga membeli tiket atau check in ke lokasi dilakukan secara online.

5. Gunakan Masker dan Sediakan Hygiene Kit

Salah satu cara mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 adalah dengan menggunakan masker. Selalu gunakan masker saat berada di luar rumah. Terutama saat hendak berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu jangan lupa membawa hygiene kit sendiri diantaranya hand sanitizer, disinfektan spray, tisu basah, tisu kering, sabun cair, dan masker cadangan. Perlengkapan ini akan membuat kita selalu terjaga kebersihan dan terhindar dari rasa was-was.

Jangan lupa juga membawa sajadah sendiri agar saat waktu sholat bisa menggunakan sajadah sendiri.

Semangat, Ini Delapan Tips Liburan Aman dan Tenang di Era New Normal Old Farmers Almanac

6. Bawalah Bekal Sendiri

Salah satu peluang penyebaran virus bisa melalui wadah makanan, makanan atau minuman yang kita beli di luar secara bebas. Jadi membawa bekal dan wadah sendiri bisa jadi solusi.

7. Tetap Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan

Selain itu, jika sudah berada di lokasi tetap waspada. Bersabarlah jika di pintu masuk terjadi kerumunan orang menunggu antrian masuk. Tetapi jaga jarak dan patuhi protokoler kesehatan.

8. Jangan lupa berdoa

Sebelum berangkat bepergian atau ke suatu tempat, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam selalu mengajarkan kita berdoa terhindar dari wabah penyakit.

Hadits #1484

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُوْلُ : (( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan, “ALLOOHUMMA INNII ‘AUUDZU BIKA MINAL BAROSHI WAL JUNUUNI WAL JUDZAAMI WA SAYYI-IL ASQOOM (artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya).” (HR. Abu Daud, no. 1554; Ahmad, 3: 192. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaliy dalam Bahjah An-Nazhirin juga menyatakan bahwa sanad hadits ini sahih).

Semoga kembali bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan rasa aman dan nyaman. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
https://www.youtube.com/watch?v=H0GOiHiFF2M
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips wisata
tips wisata di era new normal
wisata
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
 
TIPS
03 April 2018 17:16:57

Tips Menyimpan Kentang agar Tahan Lama

 
TIPS
15 March 2018 16:34:25

Tips Agar Anak Rutin Sarapan

 
TIPS
02 January 2020 14:36:13

Tips Selamatkan Mobil Matic Saat Banjir

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga