ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 11 Agustus 2020 | 22 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Lima Tips Mudah Mengetahui Telur Bagus dan Buruk

08 July 2020 10:00:01
Tips mengetahui telur Bagus dan jelek, telur, tips dapur,
Egg (Source: The Boston Globe)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, meski telur merupakan salah satu bahan makanan wajib ada di dapur. Tetapi menyimpan dalam waktu lama juga tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika kita sering mencampurkan telur yang baru dibeli dan yang lama menyebabkan kita tidak bisa membedakan mana yang masih bagus diolah dan yang tidak.

Tapi jangan bingung, ada lima cara mudah mengetahui telur yang masih layak diolah dan tidak:

1. Kocok telur utuh sebelum dipecahkan

Sebelum memecahkannya, kocok dulu telur sebentar dan dengarkan apakah ia menimbulkan suara atau tidak. Cangkang telur sebenarnya punya pori-pori yang bisa dimasuki udara dari luar dan semakin lama akan merusak membran telur yang ada di dalam. Jika telur yang dikocok menimbulkan suara, berarti telur sudah tak baik atau mengalami penurunan kualitas meski sebenarnya masih bisa dimasak.

2. Sinari telur

Ambil senter atau lihat di bawah bohlam lampu untuk menyinari telur agar tahu bagian dalamnya masih baik atau tidak. Jika kuning telur berada di tengah, tanda telur masih baik. Jika kuning telur di samping berarti telur sudah berumur lama atau hampir tak layak dimasak.

Lima Tips Mudah Mengetahui Telur Bagus dan Buruk Southern living

3. Celupkan telur ke dalam gelas berisi air

Mengapung tidaknya telur di dalam air juga bisa menentukan usia telur. Jika tenggelam hingga ke dasar dalam posisi tidur, telur masih memiliki berat maksimal dan itu tanda masih segar. Semakin mengapung ke atas semakin buruk kualitas telur.

Lima Tips Mudah Mengetahui Telur Bagus dan Buruk Wiki How

4. Pecahkan Telur

Telur yang segar ketika dipecahkan akan cenderung kental putih telurnya, dan warna kuning telurnya masih kuning pekat dan bulat cantik. Sedangkan jika sudah lama, putih telur akan cenderung cair atau encer, dan kuning telurnya mudah pecah atau warnanya pucat. Pastikan pisahkan telur utuh yang bagus dengan yang baru akan dipecahkan dan busuk.

5. Aroma telur

Telur yang masih segar tidak akan menimbulkan bau amis yang menyengat. Telur yang berumur akan lebih amis dan tak sedap. Usahakan sebelum mengolah telur diperhatikan kondisi telur ya sahabat muslim.

Solusi yang perlu diingat saat membeli telur adalah beli telur secukupnya sesuai kebutuhan per satu Minggu atau dua Minggu agar selalu segar dan yang paling penting lebih sehat dan kaya protein.

Semoga bermanfaat. [jwt/vem]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips mengetahui telur bagus dan jelek
telur
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
08 August 2018 08:29:14

Tips Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga