ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 09 Juli 2020 | 19 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

5 Tips Bersihkan Talenan Kayu

21 November 2018 14:43:56
Tips bersihkan talenan Kayu , tips dapur Chanelmuslim,
Talenan Kayu (source: creativemarket)

ChanelMuslim.com - Talenan adalah peralatan dapur yang paling sering digunakan dalam aktivitas memasak. Sehingga intensitas talenan di dapur juga sangat tinggi. Akibatnya talenan terutama yang berbahan kayu harus dibersihkan dengan teliti agar kuman atau aroma tidak sedap tidak menempel di kayu yang cepat meresap.

Mengetahui tips membersihkan talenan kayu adalah hal terbaik sebelum membersihkannya. Dikutip dari laman Huffington Post, berikut lima tips membersihkan talenan kayu agar bersih sempurna:

1. Cuci dengan air panas

Bilas talenan kayu yang telah selesai digunakan, siram dengan air hangat saat mencucinya. Lalu, tambahkan sabun cuci piring dan usap menggunakan sponge atau sikat selama beberapa menit. Keringkan talenan kayu dengan meletakkannya pada sisi tembok.

2. Gunakan disinfektan

Setelah memotong daging, jangan lupa untuk menambahkan disinfektan usai mencuci talenan kayu. Jenis disinfektan yang disarankan adalah jenis obat antiseptik dengan kandungan hydrogen peroxide sebanyak 3 persen.

Tuangkan hydrogen peroxide di atas permukaan talenan, dan ratakan menggunakan spons pencuci piring. Kemudian, diamkan selama beberapa menit dan gunakan spons bersih untuk membersihkan sisa disinfektan yang tertinggal.

3. Gunakan cuka

Selain jenis disinfektan hydrogen peroxide, cuka ternyata juga dapat membunuh bakteri yang tertinggal pada talenan kayu. Usap talenan menggunakan cuka putih setiap kali selesai menggunakannya.

Bau pada talenan kayu juga dapat dihilangkan dengan menaburkan baking soda dan menyemprotnya dengan cuka putih. Biarkan selama lima hingga sepuluh menit, lalu usap menggunakan kain yang telah direndam dalam air dingin.

4. Gosok menggunakan baking soda

Baking soda tak hanya mampu menghilangkan bau pada talenan, tapi juga dapat membuatnya menjadi lebih bersih. Cukup gosok talenan kayu dengan campuran baking soda, garam, dan air hingga bersih, lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Manfaatkan garam

Talenan kayu sudah terlihat kusam? Cobalah untuk menggosoknya dengan kain basah yang dicelupkan ke garam setelah mencuci talenan dengan air sabun. Selain berfungsi untuk membersihkan, garam juga dapat membuat talenan menjadi lebih cerah. Kamu juga bisa membuat pasta dari campuran garam dan air lemon untuk membersihkan talenan kayu secara mendalam.

Nah, jangan sampai salah ya? Agar peralatan dapur menjadi terawat dan terhindar dari kuman-kuman yang menempel.

Semoga bermanfaat. (jwt/kumparan)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips bersihkan talenan kayu
tips dapur chanelmuslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
09 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
TIPS
14 September 2019 05:51:07

Ini 7 Panduan Tepat Bersihkan Kulkas di Akhir Pekan

 
TIPS
11 November 2019 06:39:34

4 Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Pare

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga