ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

5 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer

21 January 2019 09:00:01
Tips Dapur, bahan makanan, manajemen dapur
Showtoday.com

ChanelMuslim.com - Tidak semua makanan harus disimpan di dalam kulkas. Tetapi ada beberapa bahan makanan yang yidam disarankan disimpan di dalam kulkas

Berikut lima bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer dilansir laman Reader's Digest:

1. Susu

Susu, terutama ASI merupakan salah satu minuman yang sering disimpan di dalam freezer agar tetap segar dan tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri maupun kuman berbahaya.

Namun, sebaiknya jangan simpan susu ke dalam freezer bila kamu ingin mengolahnya bersama kue atau campuran kopi.

Meski tak menimbulkan dampak yang berbahaya, saat disimpan di dalam freezer, tekstur asli susu akan rusak dan mengurangi rasa creamy-nya. Selain itu, lapisan lemak susu dapat terpisah dengan kandungan air di dalamnya bila disimpan terlalu lama.

2. Makanan yang digoreng

Punya sisa makanan yang digoreng seperti kentang, ayam, atau nugget dan ingin menyimpannya? Sebaiknya jangan simpan di dalam freezer bila tak ingin makananmu menjadi basah.

Suhu dingin di dalam freezer akan menimbulkan bercak-bercak bunga es yang akan mencair kembali saat disimpan di suhu ruang. Cairan ini akan membuat makanan terasa basah dan lembek sehingga kurang lezat saat disajikan kembali.

3. Telur utuh

Bukannya awet, menyimpan telur di dalam freezer ternyata bisa merusak kualitasnya.

Saat disimpan di dalam suhu yang sangat rendah, putih telur di dalamnya akan ikut membeku dan mengembang sehingga bisa menyebabkan cangkang telur retak.

Retakan tersebut akan menjadi jalan masuknya bakteri ke dalam telur yang bisa berbahaya bila disantap. Selain menurunkan kualitas telur dari segi kesehatan, hal ini akan membuat telur mudah membusuk.

4. Cream cheese

Berbeda dari jenis keju biasa seperti cheddar, edam, atau parmesan, cream cheese merupakan jenis keju yang harus disimpan dengan hati-hati karena teksturnya yang lunak. Sama seperti susu, cream cheese atau dikenal pula dengan sebutan krim keju ini sangat sensitif terhadap suhu rendah karena dapat membuat teksturnya rusak dan mengeras.

Suhu rendah juga akan menimbulkan titik-titik air di permukaan keju yang akan menurunkan kualitasnya sehingga tak bisa diolah kembali menjadi campuran kue. Ini juga berlaku untuk keju bertekstur lunak lainnya seperti camembert, brie, mozzarella, atau ricotta.

5. Buah dan sayur berair

Sebaiknya jangan simpan buah dan sayur berair banyak seperti timun, apel, atau seledri di dalam freezer bila tak ingin teksturnya menjadi rusak. Hal ini karena buah atau sayur tersebut mengandung air dalam jumlah banyak yang bisa membeku bila disimpan di ruangan bersuhu rendah. Saat mencair, kandungan air di dalamnya akan membuat tekstur buah dan sayur jauh lebih lembek dan berair.

Nah, jangan sampai bahan makanan terbuang percuma karena salah menyimpannya.

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips dapur
bahan makanan
manajemen dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
19 October 2018 06:55:32

Tips Tepat Memotong Alpukat Bentuk Dadu

 
TIPS
24 August 2020 07:00:01

Tips dan Trik #NgemilBijak dalam Keluarga

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284