ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 25 September 2020 | 8 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Sikap Isteri terhadap Suami yang Suka Memfitnah

10 August 2020 17:12:33
Sikap Isteri terhadap Suami yang suka Memfitnah
Foto: depositphotos

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Ustaz, Saya mau bertanya. Ada pasangan rumah tangga, suaminya kelihatan santun sekali pada semua orang. Tapi pada istrinya kadang selalu menyakiti perasaan dan selalu menang sendiri. Kalau ada masalah, selalu istrinya yang disalahkan. Padahal jelas-jelas kesalahan dari pihak suami (suami kadang juga suka ngatain anjing terhadap istrinya jika suami tersebut ketahuan salah dan selalu membalikkan fakta. Jika sudah mengatakan anjing, bilang ke orang lain istrinya yang bilang, jika habis memukul istrinya dia, bilang istrinya sendiri yang menjedotkan kepalanya sendiri dengan sesuatu). Pokoknya selalu saja membalikkan fakta sehingga membuat istrinya semakin marah dan merasa sakit hati. Jika istrinya bicara menuntut kebenaran, dia bilang istrinya sakit jiwa dan kadang bilang istrinya kerasukan jin maka harus dirukyah.

Intinya setiap ada kesalahan pada suaminya maka semua ditimpakan pada istrinya untuk menutupi kesalahannya dan wibawanya pada orang lain dia selalu menfitnah istrinya yang berbuat, padahal dia sendiri dan itu bagaimana Ustaz?

Sekarang istrinya tidak bisa ngomong apa-apa hanya bisa menangis dengan kelakuan suaminya. Memang beberapa kali di depan orang banyak suaminya kelihatan sayang dan seakan sangat bertanggung jawab.Tapi di balik itu semua hanya topeng belaka.

Jawaban:

Laa haulaa walaa quwwata illa billaah.. Ma'adzallah..

Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

خيركم خيركم لأهله وأنا خيركم لأهلي

“Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap istrinya, dan aku yang terbaik terhadap istriku.” (HR. At Tirmidzi No. 3895, dari ‘Aisyah. Imam At Tirmidzi berkata: hasan shahih)

Apa yang diceritakan jika memang benar, sulit masuk akal terendah sekali pun. KDRT, memfitnah, berkata kasar, menjadi satu. Ada dua opsi bagi istri, yaitu bersabar, dan lipatkan kesabaran serta mendoakannya agar berubah, ulang-ulang terus. Atau, boleh baginya minta cerai jika sudah tidak sanggup lagi, sebab alasannya sudah syar'i. Hanya saja ini perlu dipikirkan lagi matang-matang.

Memanggil manusia, khususnya muslim, dengan nama hewan dengan maksud menghardiknya adalah diharamkan. Itu termasuk mencela dan menghina.

Hal ini, Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Sallam tegaskan:

سباب المسلم فسوق و قتاله كفر

"Memaki-maki seorang muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kufur." (HR. Bukhari no. 48)

Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

.. بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنْ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ ..

.. Cukuplah seseorang telah berbuat jahat, ketika dia menghina saudaranya sesama muslim .. (HR. Bukhari no. 2564)

Ibrahim An Nakha'iy Rahimahullah mengatakan:

كانوا يقولون: إذا قال الرجل للرجل: يا حمار، يا كلب، يا خنزير؛ قال الله له يوم القيامة: أتراني خلقت كلبا أو حمارا أو خنزيرا؟ 

Mereka (para sahabat) mengatakan: "Jika seorang berkata kepada orang lain: Wahai Keledai! Wahai Anjing! Wahai Babi! Maka pada hari kiamat nanti Allah Ta'ala akan berkata kepada dia: Apakah kau melihatku menciptakan dia sebagai Anjing, atau Keledai, atau Babi? (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf no. 26102)

Pertanyaan Allah Ta'ala di atas, "Apakah kau melihatku menciptakan dia sebagai Anjing, atau Keledai, atau Babi?" Adalah pertanyaan untuk pengingkaran - istifham inkari, bukan Pertanyaan untuk dijawab.

Mujahid Rahimahullah, Beliau adalah pakar tafsir masa tabi'in salah satu murid terbaik Abdullah bin Abbas Radhiyallahu 'Anhuma. Beliau berkata:

استسقى موسى، لقومه فقال: اشربوا يا حمير، قال: فقال الله له: لا تسم عبادي حميرا 

Nabi Musa menuangkan air untuk kaumnya, lalu berkata: "Minumlah wahai keledai!" Maka Allah Ta'ala berkata kepadanya: "Jangan namakan hambaku dengan Keledai." (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf no. 26101)

Demikian. Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sikap isteri terhadap suami yang suka memfitnah
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
07 November 2019 12:39:33

Belajar Menerima Ayat Jihad dan Ayat Poligami

 
 
SYARIAH
02 July 2020 22:44:10

Penjual Mematok Harga Seikhlasnya

Senandung Akbar
 
 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284