ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Memperlihatkan Kemesraan di Area Publik

23 November 2019 05:07:00
Memperlihatkan Kemesraan di Area Publik
Foto: pexels

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Ustaz/ustazah, apakah suami istri itu boleh bermesraan di depan umum? Gandengan atau rangkulan sambil jalan di mall misalnya. Lalu kenapa ada nasyid yang isinya nasihat "di dalam ia istri, di jalanan teman." Sebenarnya apa batas-batas kemesraan suami istri di depan umum? Lalu bagaimana Rosulullah mencontohkan dalam hal ini? Jazakillah Khoir atas jawabannya.

Jawaban

=========

Bismillahirrahmanirrahim..

Menampakkan kemesraan bagi suami istri, ada dua jenis:

1. Alami, natural, dan wajar

Misalnya, suami istri yang berboncengan motor, istri memegang pinggang suaminya, memang hal itu juga untuk keperluan safety. Atau saat mereka berjalan berdua bergandengan tangan.

Perlu diingat, Aisyah Radhiallahu 'Anha, atau sebagian istri nabi, juga sering menceritakan kemesraan dan kedekatan Rasulullah ﷺ bersama istri-istrinya. Penceritaan ini, tentu cara lain dari menampakkan; betapa mesranya mereka. Mulai dari adu balap lari antara Aisyah dengan Rasulullah ﷺ , Rasulullah ﷺ mengusap kepala Aisyah, Rasulullah ﷺ pernah nonton tarian pedang orang Habasyah bersama Aisyah saat hari raya di masjid Nabawi dan Aisyah meletakkan dagunya di pundak Rasulullah ﷺ, Rasulullah ﷺ pernah mandi bersama dengan salah satu istrinya. Semua ini tervisualisasikan melalui story telling istri-istri Rasulullah ﷺ sendiri dalam hadits-hadits yang shahih. Semuanya, agar umatnya dapat mengambil pelajaran.

2. Tidak alami, dibuat-buat, dan lebay

Seperti berpelukan di tempat umum, bahkan menciumnya, tidak memperhatikan tempat, waktu, dan keadaan. Halal jika tidak pada tempatnya juga tidak dibenarkan. Di sisi ini, sama sekali tidak ada nilai dakwahnya. Justru yg muncul adalah fitnah, dan pandangan negatif dari manusia.

Ada nilai di masyarakat kita yang mesti dihormati oleh siapa pun. Beda dengan negara-negara Barat yang menganggap itu hal biasa, saking biasanya itu pun mereka lakukan walau bukan suami istri.

Nilai-nilai yang baik di sebuah daerah, yang sesuai dengan Islam, walau bukan nilai itu berasal dari Islam maka Islam mendukungnya.

Para ulama - khususnya Syafi’iyah dan Hanafiyah- mengatakan:

الثابت بالعرف كالثابت بالنص

Ketetapan karena tradisi itu, seperti ketetapan yang dimunculkan oleh Nash/dalil. (Syaikh Muhammad 'Amim Al Mujadidiy At Turkiy, Qawa'id Al Fiqhiyah, no. 101)

Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
memperlihatkan kemesraan di area publik
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
18 July 2019 22:16:33

Hukum Qurban Patungan

 
SYARIAH
30 April 2020 23:36:44

Hukum Shalat Sambil Melihat Mushaf

 
SYARIAH
12 April 2020 21:27:21

Hukum Adopsi Anak

 
SYARIAH
28 August 2019 22:12:06

Menghitung Masa Iddah Jika Haid Tidak Teratur

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284