ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Cara Makmum Wanita Menegur Imam

27 December 2019 23:21:08
Cara Makmum Wanita Menegur Imam
Foto: 123rf

oleh: Ustaz Slamet Setiawan al-Hafidz

ChanelMuslim.com - Ustaz, saya mau bertanya, jika kita sedang shalat berjamaah lalu imam shalat keliru dalam membaca surat pendek, sebaiknya kita sebagai makmum perempuan mengucapkan subhanallah atau memperbaiki bacaannya?

Karena makmum ikhwannya membiarkan si imam keliru dalam bacaan suratnya. Apakah beresiko jika menegur atau memperbaikinya?

Jawaban

=========

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu anhu,

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى صَلَاةً فَقَرَأَ فِيهَا فَلُبِسَ عَلَيْهِ فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ لِأُبَيٍّ أَصَلَّيْتَ مَعَنَا ،قَالَ نَعَمْ، قَالَ فَمَا مَنَعَكَ.

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan shalat dan membaca (beberapa ayat alquran) dalam shalatnya, dan beliau terbalik-balik dalam bacaannya, seusai shalat beliau bersabda kepada Ubay: Apakah kamu tadi ikut shalat bersama kami? Ubay menjawab; Ya. Beliau berkata: Apa yang mencegahmu (untuk tidak membenarkan tentang ayat tadi)? (HR. Abu Dawud no. 773)

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya makmum bisa mengoreksi bacaan imam yang salah. Adapun adab-adab mengoreksi bacaan imam adalah sebagai berikut:

1. Bertasbih subhanallah bagi laki-laki dan bertepuk tangan bagi wanita. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam,

إِذَا نَابَكُمْ شَيْءٌ فِي الصَّلَاةِ فَلْيُسَبِّحِ الرِّجَالُ، وَلْيُصَفِّحِ النِّسَاءُ

“Jika kalian mengalami sesuatu -dalam shalat- maka hendaknya bagi orang laki-laki untuk bertasbih dan bagi orang perempuan untuk bertepuk tangan. (HR. Abu Dawud no. 941 dan an-Nasa’i no.793)

2. Makmum laki-laki mengingatkan dan membenarkan bacaan imam yang salah. Namun, jika tidak ada makmum laki-laki yang bisa membenarkan bacaan imam yang salah, makmum perempuan dibolehkan membenarkan bacaan imam yang salah. Dan suara makmum perempuan ini bukanlah aurat. Dahulu para wanita berbicara dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya kepadanya, mereka juga berbicara dengan para sahabat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bercakap-cakap dengan mereka dan mereka juga bercakap-cakap dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengatakan kepada mereka bahwa suara mereka merupakan aurat.

Wallahu a'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
cara makmum wanita menegur imam
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
08 January 2018 15:03:24

Shalat bagi Musafir

 
SYARIAH
05 October 2019 09:36:58

Jarang Komunikasi dengan Keluarga Besar, Bolehkah?

 
SYARIAH
18 March 2020 22:28:25

Tanya Jawab Ringkas Fiqih Seputar Corona

 
SYARIAH
13 September 2019 22:16:58

Di antara Adab Murid Kepada Guru adalah Mendoakannya

 
SYARIAH
18 July 2019 22:16:33

Hukum Qurban Patungan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284