ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
RESENSI

The Life-Changing Magic of Tidying Up - Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan Ala Jepang

08 September 2019 00:50:44
The Life-Changing Magic of Tidying Up, Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan Ala Jepang
Resensi Buku: The Life-Changing Magic of Tidying Up - Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan Ala Jepang

ChanelMuslim.com - “… kesadaran dan perspektif seseorang akan gaya hidupnya sendiri jauh lebih penting ketimbang keterampilan memilah, menyimpan, dan semacamnya.” ~ h.xvi

Kesadaran akan jati diri akan terbentuk dari aktivitas memilah apa saja yang ingin disimpan. Poin inilah yang ditargetkan oleh Marie Kondo dari aktivitas memilah barang-barang di rumah. Jadi, keberhasilan merapikan rumah bukan menjadi tujuan utama bagi klien Marie Kondo.

Hal yang paling ditekankan dalam memilih barang adalah apakah benda tersebut memberikan kegembiraan bagi pemiliknya. Aktivitas menyentuh satu per satu setiap benda seperti sebuah ritual, dimana pemiliknya akan meresapi dan berpikir tentang keberadaan benda itu memberikan kegembiraan atau tidak.

Awalnya saya agak merasa aneh juga ketika setiap barang harus digelar lalu disentuh satu per satu. Tetapi membaca bagaimana Marie Kondo memperlakukan barang-barangnya memang sangat luar biasa. Penghargaan selalu dia sematkan pada setiap barang yang ada di rumahnya, membuat saya menjadi malu melihat benda di sekitar yang berdebu.

Hampir segala hal, selain buku, yang kupunya sangat fungsional. Membuang bisa dibilang sesuatu yang mudah buatku, kecuali BUKU. Sebenarnya aku termasuk enteng menyingkirkan buku yang sudah dibaca, masalahnya sebagian besaaaar buku belum dibaca dan alasan ini yang membuatku belum rela ‘membuang’ timbunan buku. T_T Tetapi, membaca The Life-Changing Magic of Tidying Up mengubah pola pikirku dalam membeli buku supaya tidak menjadi korban berdebu selanjutnya.

Menyimpan per kategori, menjadi sesuatu yang baru buatku, karena aku termasuk yang menaruh barang dengan tujuan memudahkan pengambilan, ternyata, kurang tepat. Barang sejenis yang diletakkan pada satu tempat akan memudahkan pemilik untuk mengontrol kegunaan dan kebutuhannya. Penyimpanan dengan metode tersebut akan mengurangi barang yang sia-sia. Selama membaca buku ini, menyia-siakan barang seperti sebuah kejahatan.

“Begitu barang disimpan secara tersebar di sepenjuru rumah, akan semakin sulit mengetahui barang-barang apa saja yang kita punyai dan semakin besar kemungkinannya kita membeli barang melebihi yang kita butuhkan sehingga akhirnya hanya menyusahkan diri kita sendiri.” ~ h. 135.

Saat menata barang, Marie Kondo memperlakukannya seperti manusia, semisal dia ‘menghujat’ penyimpanan kaos kaki dengan cara digulung seperti kentang, karena kebiasaan tersebut membuat kaos kaki dalam kondisi merenggang secara terus menerus. Wow. Dan, kebiasaannya yang luar biasa adalah memberikan ucapan apresiasi pada setiap barang yang dimilikinya atau yang baru saja dikenakannya, “terima kasih atas bantuannya hari ini”, “ good job!”, dan kalimat sejenis lainnya

The Life-Changing Magic of Tidying Up - Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan Ala Jepang

www.rashmee.com

Sebagai muslim, aku jadi berpikir, sepertinya kebiasaan tersebut bisa juga diterapkan dengan kalimat-kalimat syukur, “Alhamdulillah, perjalanan hari ini lancar”, “Alhamdulillah, sepatu ini sudah membantuku berjalan”, “Alhamdulillah, masih punya kaos kaki” hehehe… kemungkinan besar, kebiasaan mengapresiasi/bersyukur akan membuat hati menjadi lebih lapang.

Sumber : https://www.goodreads.com/review/show/2946113920

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
the life-changing magic of tidying up
seni beres-beres dan metode merapikan ala jepang
 
BERITA LAINNYA
 
 
RESENSI
17 December 2017 10:59:33

Aminah, Permata Padang Pasir

 
RESENSI
14 October 2017 22:53:26

Bunda, Dimanakah Aku di Hatimu?

 
RESENSI
18 January 2018 11:54:03

Menyambut Buah Hati

 
RESENSI
08 November 2017 11:16:38

Cara Berpikir Suprarasional

 
RESENSI
05 November 2017 21:52:25

Legenda 4 Umara Besar

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284