ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PRANIKAH

Virus Cinta Muda-mudi Aktivis Masjid

16 July 2020 11:11:51
virus,cinta,muda,mudi,aktifis,masjid
Clara/pexels.com

 

ChanelMuslim.com -

Catatan Harian Renee

Saya baru kembali dari masjid ke kamar asrama saya pada Sabtu malam, terguncang dan sedih. Aku melirik jam. Itu tiga menit setelah sepuluh. Kemana perginya waktu?

Perlahan aku menutup mata, berharap bisa mencerna segalanya dengan lebih baik. Aku membiarkan kegiatan di siang, sore, dan malam menyibukkan pikiranku. Aku berharap bisa menganalisis alasan kegelisahan tentang iman saya.

Aku menyimpulkan, ini karenah puisi Yusuf yang paling memengaruhi saya. Ketika aku mengingat monolognya, aku merasakan badai emosi yang tidak bisa aku beri nama. Aku hanya bisa memikirkan lirik lagu yang aku putar berulang kali ketika ibu dan ayah tidak ada di rumah.

Bertahun-tahun kemudian, aku mengetahui bahwa ini adalah kata-kata dari lagu "Killing Me Softly" Lauryn Hill yang aku dengar dari stereo kakak, meskipun aku tidak tahu lagu siapa ini awalnya. Tetapi, pada saat itu, itu tidak masalah. Aku tidak peduli.

Yang aku tahu adalah bahwa ini adalah satu-satunya kata yang bisa memberi nama pada emosi yang aku rasakan ketika pemuda yang saya lihat di acara “Tanya Tentang Islam” berdiri di atas panggung di lantai dasar sebuah masjid. Aku tidak dapat mengingat namanya padahal panitia telah memperkenalkannya sesaat sebelum dia melakukan pertunjukan.

Secara alami, dia bukan satu-satunya pemain. Tetapi dia adalah satu-satunya yang aku ingat dengan begitu jelas.

Beberapa minggu kemudian, ketika aku menghadiri acara Muslim lainnya dengan Sumayyah, temanku, aku terkejut mengetahui bahwa Yusuf adalah salah satu yang akan tampil.

Ketika waktu untuk penampilannya semakin dekat, aku terkejut, tiba-tiba kursi menjadi penuh. Aku terkesan. Rupanya, dia terkenal di daerah itu. Aku berterima kasih kepada Sumayyah karena memesan kursi kami sejak dini.

Aku terdiam pada saat Yusuf akhirnya melangkah ke atas panggung. Aku nyaris tidak melihat ketiga lelaki yang duduk di belakangnya dan yang di tengah memegang drum kecil.

Tetapi setelah Yusuf memegang mikrofon, suara mereka menyatu dalam nada harmonis di atas ketukan lembut pada drum, mengingatkanku pada musik asli dari Afrika Selatan. Yusuf mengenakan gamis lelaki warna putih. Ketika angin bertiup kecil, mengungkapkan bentuk atletiknya di bawah kain tipis.

Aku tersinggung karena Sumayyah berpikir aku ingin menikah dengannya. Itu adalah hal terjauh yang bisa aku pikiran. Aku hanya ingin berbicara dengannya di telepon dan mengenalnya lebih baik. Tetapi aku tidak bisa melepaskan diri dari rasa sakit yang rasakan dalam hati ketika menyadari bahwa aku bahkan tidak memiliki kesempatan untuk menarik perhatiannya.

Realitas Penyerahan kepada Allah

Ketika kita berusaha untuk taat kepada Allah, akan selalu ada gangguan lain, terutama dari lawan jenis. Kita bisa melihatnya dari kasus Renee dalam kutipan dari novel Realities of Submission.

Perjalanan Renee ke masjid dan acara-acara Muslim menjadi sangat berarti baginya terutama karena dia memiliki kesempatan untuk melihat Yusuf dan menikmati kehadirannya.

Namun, apa yang berbahaya tentang daya tarik Renee dengan Yusuf adalah bahwa ia tidak perlu ingin menikah dengannya, dan bahkan saran pernikahan menyinggung perasaannya. Dia secara terbuka mengakui bahwa dia hanya ingin berbicara dengannya di telepon dan "mengenalnya lebih baik."

Sayangnya, pola pikir Renee mencerminkan pemikiran banyak pemuda Muslim di dunia saat ini. Bagi terlalu banyak dari mereka, masjid tidak menjadi tempat untuk mendekat kepada Allah dan lebih banyak tempat untuk mendekat diri kepada pria atau wanita muda yang mereka taksir.

Seorang ulama pernah ditanya, "Mengapa kita begitu mudah teralihkan oleh kehidupan dunia ini ketika kita tahu bahwa nilainya sangat sedikit dibandingkan dengan akhirat?" Ulama itu menjawab," Karena kehidupan dunia ini ada di depan kita."

Dan Yusuf ada di depan Renee, karena lawan jenisnya ada di depan pemuda Muslim.

Sangat mudah untuk memandang buruk kaum muda seperti Renee, yang tampaknya melakukan sesuatu yang tidak sopan ketika mereka pergi ke masjid atau acara Muslim, karena menantikan bertemu seseorang yang mereka sukai. Beberapa Muslim bahkan mungkin menyatakan bahwa lebih baik bagi mereka untuk tinggal di rumah daripada datang ke tempat-tempat beribadah atau acara keislaman karena sering terselit niat yang tidak murni.

Namun, kita harus berhati-hati sebelum memberikan penilaian, jangan sampai tindakan kita membuat pemuda Muslim enggan datang ke acara-acara keislaman dank e masjid.

Kegembiraan melihat lawan jenis, terutama di masa akil baligh benar-benar normal, dan kegembiraan ini tidak "secara ajaib" menghilang ketika kita memasuki rumah Allah atau menghadiri ceramah Islam.

Kemanusiaan kita mengikuti kita ke mana pun kita pergi, bahkan dalam privasi rumah kita dan bahkan selama ibadah yang terang-terangan seperti shalat dan dzikir kepada Allah.

Menjauhi tempat-tempat ibadah dan kegiatan di mana orang mungkin diingatkan akan Allah tidak mungkin menyelesaikan masalah apa pun, apalagi masalah yang secara juga bernilai spiritual.

Jika ada, menjauh dari tempat-tempat di mana nama Allah disebutkan hanya akan memperburuk masalah. Dengan demikian, satu-satunya solusi adalah agar pria atau wanita muda terus berjuang melawan niat yang tidak murni, terutama ketika mereka memasuki rumah Allah.

Kita tidak berdiri di hadapan Allah karena kita sudah suci. Kita berdiri di hadapan Allah karena kita berharap untuk dimurnikan.

Ini adalah pelajaran yang perlu kita ajarkan kepada pemuda Muslim, seperti Renee yang sedang berjuang dengan ketertarikan pada lawan jenis.

Saat Ibadah dan Cinta Bertabrakan

Satu fakta kehidupan yang perlu dipahami oleh pemuda Muslim dan orang dewasa adalah bahwa ibadah dan kelemahan manusia kita akan terus-menerus bertabrakan dan bertentangan satu sama lain selama masa kita di bumi.

Kita tidak bisa menghilangkan kenyataan ini dari kehidupan kita lebih daripada yang kita bisa hindari akhirnya berdiri di hadapan Allah pada Hari Pengadilan. Ini semua adalah bagian dari qadr Allah, ketetapan ilahi-Nya bagi kita.

Tugas kita kemudian, adalah menghadapi ujian-ujian ini dengan kembali kepada Allah dan terus-menerus berjuang melawan dari menyerah pada keinginan rendah kita.

Namun, ketika kita gagal dan berdosa, penting bagi kita untuk memahami, di lubuk hati kita, bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang bagi mereka yang terus menerus terlibat dalam jihad al-nafs, pertempuran melawan diri sendiri.

Jadi, ketika pemuda seperti Renee menemukan bahwa anak laki-laki atau perempuan yang menarik mengalihkan perhatian mereka dari Allah, mereka harus tahu bahwa semua harapan tidak hilang, bahkan jika mereka kadang-kadang menyerah pada kelemahan manusia.

Mereka harus terus datang ke masjid. Mereka harus terus datang ke acara-acara Muslim. Dan mereka harus terus memiliki harapan dalam rahmat dan pengampunan Allah.

Karena, ketika cinta dan ibadah bertabrakan, menjauh dari masjid dan tempat-tempat lain untuk mengingat Allah tidak dapat melindungi kita dari menghadapi diri kita sendiri, dan yang lebih penting, itu tidak dapat melindungi kita dari pengamatan Allah. [My/aboutislam.net]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
virus
cinta
muda
mudi
aktifis
masjid
 
BERITA LAINNYA
 
 
PRANIKAH
21 July 2020 06:51:31

Jatuh Cinta pada Dua Gadis

 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PRANIKAH
28 July 2020 11:31:37

5 Kriteria Penting dari Suami Masa Depan

 
PRANIKAH
29 July 2020 10:05:32

4 Kriteria Calon Istri Masa Depan

 
PRANIKAH
16 July 2020 11:11:51

Virus Cinta Muda-mudi Aktivis Masjid

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga