ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Pentingnya Membatasi Waktu Bergadget bagi Anak

18 November 2020 08:42:04
membatasi,gadget,waktu,screen,anak,parenting
Garrett Morrows/pexels

ChanelMuslim.com - Dari beberapa efek negatif yang dimiliki gadget, yang paling menakutkan adalah pendapat bahwa gadget memiliki efek yang sama seperti yang ada dalam kokain! Penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bahwa gadget menyebabkan lonjakan tingkat dopamin (dikenal sebagai bahan kimia 'perasaan baik'), yang memicu perilaku 'menginginkan lebih'. Itu adalah bahan kimia yang sama yang dilepaskan saat menggigit makanan yang sangat lezat, saat memeriksa pembaruan media sosial, dan seperti yang disebutkan, saat kokain atau zat semacam itu memasuki tubuh.

Jadi, apa artinya semua ini? Pada dasarnya, semakin anak memiliki sesuatu yang disukainya (zat atau fenomena yang mengenai 'pusat kesenangan' di otak), semakin tinggi tingkat dopamin dalam tubuhnya. Ini memotivasinya untuk terus menikmati lebih banyak hal yang memberinya kegembiraan, yang dalam hal ini, menikmati gadget.

Tetapi karena otak anak masih dalam tahap perkembangan awal, kelebihan dopamin dapat membebani sistem otak. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan anak beralih ke sesuatu yang dapat membantu meningkatkan tingkat dopaminnya, karena tidak dapat diturunkan dari penyebab alami. Dan mungkin itulah sebabnya si kecil tidak pernah bosan menonton Ipin Upin atau Baby Shark kesayangannya berulang-ulang!

Jadi Berapa Jumlah Durasi Layar yang Disarankan untuk Anak Kecil?

Apapun yang berlebihan tentu tidak baik. Begitu juga dengan waktu bergadget yang berlebihan dapat berdampak buruk, terutama pada perkembangan otak anak kecil. American Academy of Pediatrics merekomendasikan:

- Waktu layar nol jam untuk anak-anak di bawah 18 bulan (tidak termasuk panggilan video)
- Pemrograman berkualitas yang harus ditonton bersama oleh anak dan orang tua jika dia berusia antara 18 hingga 24 bulan
- Satu jam menonton bersama program berkualitas tinggi jika dia berusia antara 2 hingga 5 tahun.

 

Meskipun begitu, orangtua harus tetap tegas, membatasi waktu penggunaan gadget ini dapat menjadi titik awal yang baik bagi Anda untuk menerapkan batas waktu pemakaian perangkat dengan anak Anda. Hal lain yang dapat Anda coba adalah mengadakan Hari Tanpa Layar, menjauhkan anak Anda dari layar sama sekali. Manjakan diri dengan metode sederhana yang tidak memerlukan layar sama sekali dan gunakan kesempatan ini untuk menjalin ikatan dengan si kecil. Setelah Anda mencobanya, kami yakin anak Anda akan bisa mengendalikan waktunya bersama gadget.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
membatasi
gadget
waktu
screen
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
28 October 2019 06:51:23

Anak kita Butuh Vitamin A

 
PARENTING
04 April 2018 20:59:30

Kenapa Anakku Kurang Percaya Diri?

 
PARENTING
12 July 2019 23:57:56

10 Masalah Umum Parenting dan Cara Mengatasinya

 
PARENTING
18 June 2020 21:56:36

Yang Terhormat Para Orangtua Galau

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284