ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 24 November 2020 | 9 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mencegah Sindrom Peter pan dan Cinderella Complex pada Anak

09 September 2018 21:25:50
#mencegah #peterpan #cinderellacomplex
pexels.com

ChanelMuslim.com – Sindrom Peter Pan dan cinderella complex dialami seseorang saat memasuki usia dewasa muda. Kedua sindrom ini dipengaruhi pola asuh yang diterapkan orang tua sewaktu kecil. Untuk mencegah munculnya sindrom ini, ada cara yang dapat dilakukan orang tua sejak dini.

1. Biasakan anak untuk mandiri sejak kecil, mulai dari hal sekecil apa pun.

Biasakan anak untuk merapikan tempat tidurnya sendiri agar anak belajar untuk memiliki rasa tanggung jawab. Selain itu, rutinitas semacam ini juga bisa membuat anak lebih percaya diri dengan kemampuannya. Anak juga perlu dilatih untuk melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring dan menyapu lantai.

Hindari membiasakan anak untuk bermanja-manja secara berlebihan. Sikap manja ini akan membuat anak merasa hidupnya akan nyaman terus tanpa beban sehingga anak tidak belajar untuk bertanggung jawab dan kelak tidak siap menerima realita hidup. Hal ini yang bisa menyebabkan terjadinya sindrom Peter Pan dan Cinderella Complex.

2. Berikan dukungan kepada anak.

Anak memerlukan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar. Di antaranya menjadi lingkungan yang suportif, orangtua selalu ada untuk mendengarkan keluh kesah anak-anak. orangtua memberikan arahan, bimbingan dan dukungan. Selalu memberikan motivasi agar mereka lebih berani untuk menunjukkan perubahan yang positif.

Sistem reward and punishment masih bisa kita gunakan. Hanya saja tetap hindari sikap berlebihan. Untuk hukuman, hindari hukuman berupa kekerasan fisik dan verbal.

3. Motivasi anak untuk mengasah keterampilan

Bantu anak untuk banyak mengeksplor kemampuannya. Salah satunya, dengan membiarkan anak mencoba banyak hal dalam hidupnya dan merasakan sendiri konsekuensinya. Dengan begini anak akan menemukan bakatnya dan bimbing mereka untuk fokus mengasah keterampilan.

4. Ayah dan Ibu konsisten dan satu suara

Ayah dan ibu harus konsisten dalam menyuarakan pendapatnya kepada anak. Sehingga kepribadian anak akan tumbuh dengan ajeg. Ayah dan ibu pun harus satu suara dalam menyuarakan pendapat kepada anak. Jika ayah dan ibu sering berbeda pendapat di hadapan anak akan menyebabkan kebingungan pada anak sehingga kepribadian anak pun menjadi rapuh. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
mencegah
peterpan
cinderellacomplex
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
01 February 2018 17:19:34

Mempersiapkan Anak untuk Terbang Lebih Tinggi

 
PARENTING
15 July 2018 20:00:14

Selamat Pagi, Bapak dan Ibu Guru

 
 
PARENTING
02 July 2018 15:17:56

Hati-hati jika Anak sudah Keranjingan Ome TV

 
PARENTING
06 September 2019 10:08:00

Surat Terbuka untuk Abdul Aziz

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284