ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Masa Pubertas untuk Anak Perempuan

23 April 2018 16:42:09
#pubertas #gadis #perempuan #parenting #islam
pexels.com

ChanelMuslim.com - Setiap anak gadis menunggu-nunggu datangnya pubertas. Mereka ingin merasakan menjadi anak gadis yang sudah lebih dewasa. Mulai bertanya pada bundanya bagaimana rasanya saat haid. “Apa perut Bunda sakit?”

Aisyah ra. Menceritakan, “kami berangkat mengerjakan haji. Setelah sampai di syarif, saya haid. Rasulullah datang kepadaku padahal aku sedang menangis. Lalu beliau bertanya, “Kenapa engkau menangis, haidkah engkau?” aku menjawab, “Betul.” Beliau pun bersabda, “Sesungguhnya haid itu adalah suatu perkara yang telah ditetapkan Allah atas kaum perempuan anak cucu Adam. Maka lakukanlah apa yang dilakukan orang berhaji kecuali tawaf keliling Ka’bah.” Aisyah menambahkan, “Setelah itu Rasulullah berkurban unruk para istri beliau dengan menyembelih sapi.” (HR. Bukhari)

Haid adalah sesuatau yang telah Allah tetapkan terjadi pada perempuan. Haid pertama yang dialami sorang gadis menandai masa pubertas. Mereka mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Pada anak perempuan, pubertas ditandai dengan menstruasi pertama. Ciri-ciri awal dari pubertas ditandai dengan tumbuhnya rambut-rambut pada daerah tertentu dan payudara yang membesar untuk seorang gadis.

Masa pubertas dikenal sebagai masa topan badai dan stress. Pada masa itu anak-anak memiliki keinginan bebas menentukan nasibnya sendiri. Jika terarah dengan baik maka ia kan menjadi individu yang bertanggung jawab. Tetapi kalau tidak terarah bisa menjadi individu yang tidak memiliki masa depan dengan baik.

Ada tiga aspek penting yang perlu diajarkan kepada anak gadis yang mulai memasuki tahap pubertas. Pertama, pentingnya pemahaman konsep diri sejak dini termasuk pemahaman akan konsep keluarga. kedua, anak gadis juga perlu diperkenalkan adanya lokasi yang bersifat umum atau publik misalnya pusat perbelanjaan, stasiun dan terminal dan juga ruang yang bersifat pribadi seperti kamar tisur dan kamar mandi, serta pemahaman tentang prilaku apa yang pantas dan tidak pantas di sana. Terakhir yang juga tidak kalah penting adalah mengajarkan anak gadis agar dapat melindungi dan membela dirinya sendiri. (Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
pubertas
gadis
perempuan
parenting
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
17 August 2018 22:39:40

5 Tips Membuat Anak Berani Tidur Sendiri

 
PARENTING
12 September 2017 15:29:41

Lakukan Ini Jika Anak Malas Bangun Sholat Subuh

 
PARENTING
31 August 2020 15:36:52

Cara Aman Menggunakan TikTok untuk Anak-anak

 
PARENTING
26 December 2018 11:10:20

Mengenali dan Mengasah Bakat Anak

 
PARENTING
02 January 2020 07:36:57

Mendampingi Anak Pasca Baligh Belajar tentang Dunia

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284