ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Kesalahan Finansial untuk Kebutuhan Anak

12 March 2018 16:07:17
#parenting #islam #keuangan #anak #kids #financial
pexels.com

ChanelMuslim.com - Dalam memenuhi kebutuhan anak seringkali kita melakukan kesalahan-kesalahan. Inilah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orangtua.

1. Tidak mengajarkan anak tentang konsep uang.

Sejak usia 5 – 6 tahun, anak-anak diharapkan mulai mengenal konsep uang. Uang adalah alat untuk jual beli. Uang berfungsi untuk membeli barang atau membayar jasa. Mulailah mengenalkan anak tentang uang logam dan uang kertas.

2. Tidak mengajarkan kepada anak tentang nilai uang.

Anak-anak perlu diajarkan bagaimana menghargai uang. Mereka perlu tahu jika uang yang ada merupakan hasil usaha atau bekerja. Ditabung untuk kepentingan yang lebih banyak dan jangan digunakan secara boros. Anak sudah mulai diajak untuk menghitung uang dan diajarkan untuk menabung.  Anak juga sudah mulai diajarkan bagaimana bijaksana mengelola uang mereka sendiri, misalnya bagaimana mengelola uang jajan harian.

3. Orangtua terlalu royal pada anak.

Ketika di pusat perbelanjaan, orangtua kerap bersikap royal kepada anak. Setiap keinginan anak dipenuhi. Tidak jarang barang yang sudah dibeli menjadi barang yang tidak ada kegunaannya di rumah. Malah membuat rumah semakin sumpek dengan barang-barang itu. Untuk mengatasinya buatlah daftar belanjaan yang didiskusikan bersama pasangan dan anak-anak. Ajarkan anak untuk membeli sesuai kebutuhan saja. Daftar belanjaan ini yang nantinya akan mengontrol pola belanja kita.

4. Tidak bisa menolak

Tidak sedikit orangtua yang sulit untuk menolak permintaan anak. Tidak kuat melawan rengekan manja anak-anak. Bahkan terkadang pilihan membelikan sesuatu yang diminta oleh anak lebih karena anak berhenti merengek dan merajuk. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka anak akan semakin manja dan terbiasa untuk memperoleh segalanya dengan mudah. Hal ini akan membahayakan masa depannya. Untuk mengatasinya, beranilah untuk bilang tidak pada sesuatu yang tidak dibutuhkan. Sampaikan pada anak, jika ia meminta sesuatu di luar anggaran belanja keluarga, dia harus menabung lebih dulu. Ajarkan mereka untuk bersabar dan berusaha.

5. Terbelit utang dan riba

Utang dan riba merupakan penyebab munculnya masalah keuangan. Utang dan riba bisa merusak rencana keuangan keluarga. Kita bahkan jadi tidak bisa melakukan perencanaan pendidikan untuk anak. Uang yang seharusnya ditabung untuk keperluan masa depan anak, akhirnya digunakan untuk membayar utang dan bunga riba. Padahal akar dari utang dan riba adalah karena tingkat konsumsi kita yang tinggi, terbiasa memanjakan diri mengikuti gaya hidup. Sesuaikan pemasukan dan pengeluaran. Biasakan hidup sederhana dan melatih diri untuk bergaya hidup sesuai dengan yang disunnahkan oleh Rasulullah. Segera hentikan transaksi riba kita. Tanpa riba hidup kita akan tambah berkah.  

6. Mengabaikan kebutuhan jangka panjang

Sering kali kita terpaku pada kebutuhan saat ini saja. Kita tidak melihat lebih jauh ke depan. Misalnya, banyak pasangan muda lebih mementingkan membeli mobil daripada rumah dengan alasan agar memudahkan perjalanan ke kantor. Padahal kebutuhan utama adalah sebuah rumah untuk tempat bernaung keluarga. Untuk transportasi, sebenarnya kita bisa menggunakan moda transportasi yang sudah begitu banyak dengan fasilitas yang juga memudahkan. Selain itu menggunakan kendaraan pribadi pada hari-hari kerja menyebabkan kemacetan panjang di jalan. Contoh lain, membeli tempat tidur bayi untuk anak yang baru lahir. Pertimbangkan berapa lama ia membutuhkan tempat tidur itu. Lebih baik membeli yang besar agar rentang waktu penggunaannya jauh lebih panjang.

Bijaksana dalam mengelola keuangan untuk kebutuhan anak akan membuat pengeluaran keluarga kita lebih terencana, hemat dan efisien. (Maya Agustiana)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
parenting
islam
keuangan
anak
kids
financial
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
16 September 2018 19:16:38

Memenuhi Hak Anak

 
PARENTING
20 October 2018 07:22:38

Kalimat Bertuah Para Ibu

 
PARENTING
07 February 2018 21:38:06

Game Membuat Anak Tak Mampu Mengelola Emosi

 
PARENTING
19 July 2018 19:42:47

Melepas Hormon Cinta

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284