ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 29 September 2020 | 12 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Jangan Paksa si Kidal Jadi Normal

17 September 2020 10:15:01
Jangan Paksa si Kidal Jadi Normal
Foto: pexels

oleh: Bunda Farida Nur'aini

ChanelMuslim.com - Ayah bunda, apa respon pertama yang sering muncul ketika melihat anak menulis dengan tangan kiri? Sebagian kita menganggap tidak sopan, tidak baik. Apalagi menyapu pakai tangan kiri. Terlihat aneh. Bahkan terkadang ada nilai yang ditanamkan pada bayi dengan bertanya, "Mana tangan baiknya, sayang?" Jika anak menunjukkan tangan kanannya akan diiyakan. Tapi jika menunjukkan tangan kirinya akan ditolak. Dengan kata lain, tangan kiri itu tidak baik. Inilah yang harus kita luruskan.

Ya, di lingkungan kita saat ini segala sesuatu yang dilakukan dengan tangan kiri dinilai hal yang tidak baik. Dan itulah yang terjadi pada anak kidal. Anggota badan kiri mereka lebih dominan, lebih gesit dan lebih reflek dari yang kanan.

Di dunia ini, ada sekitar 10 persen dari populasi masyarakat dunia merupakan left-handed atau kidal.

Kecenderungan kidal ini, menurut beberapa ahli bersifat genetik. Meski ayah atau ibu pengguna tangan kanan, bisa saja si anak kidal karena keturunan dari kakek, nenek atau buyutnya.

Apakah kidal bisa dideteksi sejak dini? Bisa, bun. Silakan perhatikan ananda dari kebiasaannya sehari-hari. Seperti ketika mengambil makanan, menulis, memegang benda, mengupas, melempar bola, menendang bola, dan lain-lain. Jika anak lebih gesit menggunakan tangan dan kaki kiri maka ia cenderung kidal. Untuk mengetahui secara jelas apakah anak memang kidal atau bukan, dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Bisa konsultasi dengan dokter anak atau psikolog anak.

Beberapa orangtua meyakini bahwa anak kidal harus dilatih untuk menjadi 'normal' dengan menggunakan tangan kanannya. Padahal tidak demikian seharusnya. Karena dengan memaksa anak menggunakan tangan kanan akan berakibat negatif. Mereka akan frustasi, kurang percaya diri, perkembangan otak terhambat, kelambatan bicara, gangguan konsentrasi, merasa rendah diri, pemalu, tertutup, bersifat agresif, mengompol, bahkan gagap. Jika hal ini terbawa hingga dewasa dapat menyebabkan gangguan saraf atau beberapa gangguan kepribadian.

Jika anak memang dominan menggunakan tangan kiri, jangan dipaksa untuk menjadi 'normal'. Mereka hanya perlu diajarkan beberapa adab dan tata krama yang memang menuntut penggunaan tangan kanan seperti bersalaman, memberi, makan dan lainnya yang diperintahkan agama menggunakan tangan kanan.

Untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya biarkan saja anak menggunakan tangan kiri. Hal ini untuk memaksimalkan potensinya yang lebih banyak menggunakan otak kanan.

Ayah bunda, mari kita syukuri terhadap segala semua yang ada pada anak kita. Tugas kita adalah mendidik mereka sebaik mungkin sesuai dengan potensinya. Semoga apa yang kita lakukan badan kita dicatat sebagai amal sholeh kita. Aamiin.[ind]

Sumber: Wonderful Parenting

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
jangan paksa si kidal jadi normal
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
07 September 2018 22:30:09

Cinderella Complex; Sindrom Anak Gadis yang Manja

 
Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284