ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 09 Juli 2020 | 19 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Anak Sulung Alyssa Soebandono Ketagihan Tempe, Ini 5 Manfaat Tempe untuk Anak

26 September 2019 10:52:02
Manfaat,tempe,anak,parenting
Wikipedia

ChanelMuslim.com - Alyssa Soebandono punya cerita menarik tentang anak sulungnya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino. Riendra, kata Alyssa, punya makanan favorit yang tidak biasa.

Kalau anak-anak seusianya senang menyantap makanan cepat saji, Riendra lebih memilih tempe. Tempe goreng merupakan makanan yang paling diinginkannya sebagai bekal sekolah.

Pernah satu ketika Alyssa Soebandono lupa membuatkan tempe goreng. Riendra pun langsung menegur dan mengingatkan sang ibunda.

Dia bilang, 'Bunda besok-besok dibawain tempe dong', gitu. Waktu itu aku lupa beli, jadi belum sempet buat,” tutur Alyssa Soebandono.

Kebiasaan Riendra sudah diketahui gurunya di sekolah. Sang guru juga kerap mengingatkan Alyssa Soebandono jika tak ada tempe goreng di kotak makan Riendra.

“Gurunya kan tahu sampai nanya ke saya, 'Bunda tadi Riendra lupa dibawain tempe’. Aku juga jadi minta maaf karena lupa,” lanjut Alyssa Soebandono.

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang paling sehat, berikut 5 manfaat tempe untuk anak:

1. Sumber Protein Nabati

Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di tempe juga bisa menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif. Dalam 100 gram tempe terkandung 201 kkal energi, 20,8 g protein, 8,8 g lemak, 13,5 g karbohidrat dan 1,4 g serat.

Apalagi untuk anak yang sedang makan Makanan Pendamping ASI (MPASI), tempe bisa jadi sumber protein nabati atau kacang-kacangan sebagai salah satu unsur 4 bintang (karbohdirat, kacang-kacangan, protein hewani, buah, dan sayur).

2. Cegah Kolesterol dan Kanker

Kedelai yang merupakan bahan baku tempe memiliki manfaat ketika dikonsumsi anak. Beberapa studi menunjukkan konsumsi kedelai bisa membantu anak terhindar dari penyakit yang rentan menyerang saat dewasa seperti kolesterol dan kanker. Pada remaja, tempe disebut bisa meredakan konstipasi.

3. Kaya Nutrisi

Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB Prof Dr Ir Made Astawan, MS bilang kedelai yang merupakan bahan baku tempe mengandung 40 persen protein yang terdiri dari asam lemak esensial dengan daya cerna yang sangat baik, 15 persen oligosakarida dan monosakarida, 15 persen serat, dan 20 persen lemak yang sebagian besar terdiri dari asam lemak tak jenuh.

4. Atasi Penyakit Mag

Gangguan lambung seperti sakit mag juga bisa dialami anak-anak. Ya nggak, Bun? Nah, kata dr Samuel Oentoro, MS, SpGK tempe memang bisa mengatasi penyakit maag. Soalnya, tempe mengandung protein yang bagus dan senyawa anti inflamasi (peradangan). Protein dalam tempe sudah siap diserap tubuh karena sudah lebih dulu dicerna oleh kapang (jamur) yang ada di tempe.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Anak

Sebuah penelitian membuktikan manfaat lain dari kedelai yang merupakan bahan baku tempe yakni mengencangkan kulit. Ini karena ada Genistein, Bun, sejenis hormon yang ditemukan dalam kedelai. Hormon ini terbukti meningkatkan produksi kolagen, salah satu protein yang fungsi utamanya menjaga kekencangan kulit. [Maya/ Sumber: TabloidBintang.com dan Haibunda.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat
tempe
anak
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
09 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
28 July 2018 07:18:13

Mengapa Anak Kita Membully Orang lain

 
PARENTING
06 July 2020 12:43:31

Memilih Kucing untuk Hewan Peliharaan

 
PARENTING
10 February 2020 08:31:36

Mendampingi Anak 6 Tahun yang Kurang PD

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga