ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 04 April 2020 | 11 Sya’ban 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

16 Tanda Pengasuhan Orangtua yang Buruk

30 January 2020 12:04:00
16,tanda,pengasuhan,orangtua,buruk
pexels.com

ChanelMuslim.com - Salah satu tugas tersulit yang harus dicapai adalah memiliki gaya pengasuhan yang baik dan konsisten. Ada beberapa contoh pengasuhan yang buruk yang dapat memiliki konsekuensi jangka panjang pada anak-anak. Kebanyakan orangtua mengadopsi cara pengasuhan orangtua mereka sendiri sebagai cetak biru untuk mengasuh anak, yang terkadang sudah tidak sesuai dengan perubahan masyarakat dan lingkungan sosial.

Apa itu Pola Asuh yang Buruk?

Pola asuh yang buruk adalah serangkaian tindakan yang dapat secara serius merusak perilaku dan psikologi anak. Pola asuh yang buruk tidak terbatas pada tindakan tunggal; itu adalah kumpulan tindakan-tindakan yang biasanya berefek berbahaya pada anak. Kebanyakan pengasuhan yang buruk mungkin tidak disengaja, tetapi ini tidak mengurangi dampak negatifnya pada anak. Beberapa orangtua tidak menyadari konsekuensi dari tindakan ini dan beberapa bahkan mungkin tidak peduli. Pola asuh yang buruk mungkin berasal dari tidak cukup tahunya orangtua bagaimana menjadi orangtua yang lebih baik.

Pola asuh yang buruk dapat memiliki banyak efek buruk pada anak Anda. Dengan gaya hidup kita yang serba cepat seperti sekarang ini, mungkin tampak mudah untuk memberi tahu anak Anda apa yang harus dilakukan. Namun, Anda harus ingat bahwa anak Anda adalah individu yang membutuhkan perawatan dan pengasuhan dari Anda. Luangkan waktu untuk bergabung dengan grup dan forum pengasuhan anak dan mengemukakan masalah yang mungkin Anda hadapi. Lakukan percakapan jujur ​​dengan orangtua lain dan dengarkan nasihat apa pun yang mungkin mereka miliki. Jika ada tanda-tanda dampak pengasuhan yang buruk pada anak Anda, mungkin sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog anak.

Tanda Dari Pola Asuh yang Buruk

Ada beberapa tindakan dan insiden yang bisa membuat Anda menjadi orangtua yang buruk. Berikut adalah beberapa contoh pengasuhan buruk yang harus Anda hindari dengan cara apa pun:

 

1. menegur anak secara berlebihan

Jika anak Anda melakukan sesuatu yang salah dan Anda menegur atau memarahinya secara berlebihan karena kesalahan tersebut, itu dapat memiliki pengaruh negatif pada anak Anda. Ini memiliki efek yang lebih buruk jika anak Anda ternyata telah menunjukkan kejujuran dan mengaku telah melakukan kesalahan.

2. Mendisiplinkan Anak di Depan Semua Orang

Anda mungkin kehilangan kesabaran dan memarahi, berteriak, atau bahkan memukul anak Anda di depan orang lain. Ini akan berdampak serius pada kepercayaan diri anak Anda, dan perasaan malu yang timbul dari metode disiplin ini akan sulit dilupakan.

3. Semua Ceramah, Tanpa adanya Dukungan

Anda memberikan ceramah tentang segala hal, mulai dari menyikat gigi hingga memilih pakaian yang tepat alih-alih memotivasi anak Anda dengan dukungan.

4. Tidak Menunjukan kasih sayang

Anda tidak memberikan pelukan kepada anak Anda atau jarang mengatakan "Aku mencintaimu" kepada anak Anda. Ini akan membuat anak Anda merasa terputus secara emosional dari Anda.

5. Tidak Menetapkan Aturan

Anak-anak membutuhkan struktur dan batasan untuk tumbuh menjadi individu yang sehat. Jika anak tidak tumbuh dengan disiplin, maka dia akan menderita dalam situasi di luar lingkungan rumah.

6. Kurangnya Dukungan

Anak-anak membutuhkan dukungan, terutama selama masa-masa penuh tekanan seperti penampilan di sekolah atau ujian. Anda malah membandingkannya dengan pekerjaan Anda, dan ini mungkin membuat anak Anda merasa cemas.

7. Membandingkan Anak Anda

Anda terus-menerus memberi tahu anak Anda bahwa ia harus seperti anak-anak lain dan meniru sifat positif mereka. Ini adalah tanda pengasuhan yang buruk.

8. Tidak Bangga dengan Prestasinya

Anda tidak pernah memuji anak Anda atas pencapaiannya dan tidak menunjukkan kebanggaan atas kerja kerasnya.

9. Menggunakan Nada Mengkritik

Awasi Nada Dering Anda Saat Berbicara dengan Anak Anda

Menggunakan nada bicara yang menunjukkan penolakan atas semua tindakan anak Anda akan meninggalkan tanda negatif padanya.

10. Tidak Menghormati Perasaannya

Anda tidak meluangkan waktu untuk berbicara dengan anak Anda dan memahami perasaannya. Ketika pendapat dan perasaan diabaikan dan tidak ditangani dengan cara yang sehat, itu dapat mempengaruhi anak-anak.

11. Menjadi Contoh yang Buruk

Anak Anda akan memahami semua kebiasaan dan perilaku Anda. Anda mungkin ingin memikirkan mengapa dan dari mana anak Anda mengambil perilaku negative atau positif tertentu.

12. Tidak Memberi Dia Pilihan

Anda tidak memberi anak Anda pilihan dan malah mengharapkannya melakukan sesuatu karena Anda telah mengatakannya.

13. Terlalu Banyak Memanjakan

Anda mungkin berpikir bahwa anak Anda adalah anak yang paling istimewa, tetapi untuk seluruh dunia ia hanyalah seorang anak sama seperti anak yang lain. Membuatnya merasa boleh melakukan apa saja dapat menyebabkan perilaku buruk yang menyebabkan isolasi sosial.

14. Menjadi Terlalu Protektif

Anda melindungi anak Anda dari segala bahaya yang ada di luar sana. Ini akan membuat anak Anda menjadi penakut dan takut mengambil risiko apa pun, mulai dari mencari teman baru hingga mencoba kegiatan baru.

15. Kurangnya Kepercayaan

Anda tidak mengizinkan anak Anda untuk mengambil keputusan karena Anda yakin bahwa itu akan menjadi pilihan yang salah atau Anda tidak percaya padanya.

16. Tidak Memberikan Waktu Anda

Anda selalu terlalu sibuk untuk berbicara dan bermain dengan anak Anda atau hanya tidak tertarik untuk melakukan hal-hal ini. Terpaku ke layar ponsel Anda saat anak Anda berbicara dengan Anda dapat membuat mereka merasa diabaikan.

[MY/firstCryParenting.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
16
tanda
pengasuhan
orangtua
buruk
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
10 February 2018 21:47:14

Bersikap Jujur Itu Berawal dari Rumah

 
PARENTING
23 May 2019 07:39:42

Ini 6 Persiapan Penting Itikaf Bersama Anak-Anak

 
PARENTING
25 February 2019 06:44:12

Gangguan Kesehatan yang Terjadi Pada Korban Bullying

 
PARENTING
01 February 2018 17:19:34

Mempersiapkan Anak untuk Terbang Lebih Tinggi

Lawan Corona Bersama ChanelMuslim.com
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284