ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 26 Oktober 2020 | 10 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

10 Permainan Melatih Komunikasi pada Anak

16 October 2020 20:30:01
keterampilan,komunikasi,anak,parenting,permainan
skitterphoto/pexels

ChanelMuslim.com - Orangtua yang lebih banyak berkomunikasi dengan anak-anak mereka mungkin dapat membantu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dengan mudah. Kemahiran komunikasi tidak hanya memberi anak kenyamanan yang lebih baik dalam situasi sosial, tetapi juga dapat memastikan peningkatan kinerja secara akademis dan di kemudian hari dalam karier mereka.

Beberapa aktivitas dan permainan komunikasi yang menarik untuk anak-anak dapat berupa:

1. Kuda Bisik

Game yang populer dan menyenangkan ini dapat membantu meningkatkan keterampilan mendengarkan yang baik pada anak-anak dan dapat dimainkan oleh anak-anak dari semua kelompok umur. Anda juga dapat menyertakan anggota keluarga lainnya. Mintalah mereka semua duduk dalam lingkaran yang cukup dekat untuk berbisik dengan mudah. Mulailah dengan seorang anak yang akan membisikkan pesan ke telinga pemain yang duduk di sebelah kanan, yang kemudian membisikkannya ke telinga tetangganya sampai semua orang di lingkaran mengambil giliran. Anda dapat memulai dengan pesan sederhana dan perlahan-lahan berlanjut ke kalimat yang lebih kompleks.

2. Menunjuk Arah

Kegiatan komunikasi nonverbal untuk anak dapat mencakup permainan sederhana ini. Minta anak Anda untuk menuliskan petunjuk arah ke toko atau taman favorit terdekatnya. Kemudian memulai perjalanan bersama anak Anda mengikuti petunjuk tertulis untuk mencapai tempat itu. Dalam perjalanan, bantu dia memahami bagaimana dia bisa membuatnya lebih baik atau hal-hal yang mungkin dia sebutkan untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

3. Tunjukkan dan Ceritakan

Aktivitas tunjukkan dan ceritakan bisa menjadi permainan komunikasi verbal yang menyenangkan untuk anak-anak. Beri anak Anda topik seperti buah favoritnya, buku favorit, atau jalan-jalan bersama keluarga. Minta dia menunjukkan item yang berhubungan dengan topik dan minta dia untuk berbicara lima kalimat tentang itu. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, kosa kata, dan kefasihan anak Anda.

4. Menceritakan Gambar

Mendongeng bergambar bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik karena anak-anak suka bercerita. Berikan anak Anda satu set gambar. Minta dia untuk mengaturnya dalam urutan logis dan putar cerita darinya. Sebagai alternatif, Anda dapat menawarkan satu gambar kepadanya dan minta dia menjelaskan hal-hal yang dia lihat dalam gambar seperti pemandangan, orang, warna, dan detail lainnya.

5. Presentasi

Aktivitas yang mengasyikkan ini mungkin tidak hanya mempromosikan keterampilan bahasa lisan anak Anda, tetapi juga membantunya untuk terbiasa berbicara di depan umum. Anda dapat mengusulkan berbagai tema mulai dari pembacaan puisi favorit hingga mengungkapkan pandangannya tentang topik terkini seperti menghemat air, mendaur ulang, atau penggunaan gadget. Minta dia untuk menyiapkan presentasi singkat untuk dipresentasikan di pertemuan keluarga, acara taman lokal, dan sebagainya.

6. Menjelaskan secara spontan

Ucapan tanpa batas atau spontan merupakan bagian penting dari komunikasi lisan dan dapat digunakan untuk memperluas keterampilan komunikasi. Komunikasi secara spontan ini dapat mendukung anak Anda dalam berpikir dan mengartikulasikan ide-idenya dengan benar dan akurat. Dalam kegiatan ini, anak juga dapat membicarakan karir masa depannya. Buat beberapa topik yang menarik dan minta anak Anda memilih dan berbicara tentang topik yang dipilih secara mendadak selama beberapa menit.

7. Sandiwara atau Ekspresi

Aktivitas yang menyenangkan ini sangat bagus untuk membantu anak-anak memahami berbagai ekspresi wajah, sinyal, postur tubuh saat berkomunikasi. Ini adalah isyarat komunikasi non-verbal yang melengkapi komunikasi verbal. Bagikan beberapa kartu kepada anak Anda setiap kartu yang menggambarkan emosi tertentu seperti marah, sedih, bosan, lelah, bahagia, dan minta dia memerankannya. Anak-anak Anda juga dapat menggambar berbagai emosi yang mungkin dia alami sehari-hari.

8. 20 Pertanyaan

20 pertanyaan adalah permainan yang luar biasa yang memungkinkan kemampuan anak Anda untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan langsung. Mintalah anak-anak untuk berdiri membentuk lingkaran dengan satu anak di tengah. Anak di tengah harus memikirkan tempat terkenal atau kepribadian yang dikenal. Anak-anak lain dalam kelompok harus mengidentifikasinya dengan mengajukan 20 pertanyaan. Anak dapat menanggapi dengan hanya mengatakan ya atau tidak. Jika kelompok gagal menebak maka anak tersebut dinyatakan sebagai pemenang.

9. Identifikasi Objek

Anda mungkin membutuhkan 4 -5 anak untuk memainkan game ini. Salah satu anak dengan penutup mata dan pemain lainnya memilih objek yang dapat dideskripsikan secara terperinci untuk memudahkan identifikasi. Setiap pemain mengambil giliran untuk menjelaskan satu fitur dari objek yang dipilih. Anak yang ditutup matanya dapat meminta pertanyaan tambahan sebagai isyarat.

10. Mencari Pemimpin

Game ini bisa menjadi alat pelatihan yang bagus untuk mengajari anak-anak mengenali indikator bahasa tubuh. Pilih salah satu anak sebagai pemimpin yang mungkin melakukan tindakan tertentu seperti menghentakkan kaki atau bertepuk tangan. Anak-anak lain harus meniru tindakannya. Pemimpin dapat memilih anak lain sebagai pemimpin dengan tersenyum atau mengedipkan mata padanya. Anak-anak lain harus mencari pemimpin baru itu dan kemudian meniru tindakannya.

[My]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
TOPIK :
keterampilan
komunikasi
anak
parenting
permainan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
05 November 2018 14:45:19

Manfaat Menulis dengan Tangan

 
PARENTING
10 November 2018 14:05:38

Teks Pidato Bung Tomo

 
PARENTING
17 April 2018 13:27:51

Yakin pada Qadha dan Qadar Bagian dari Parenting

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284