ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 01 November 2020 | 16 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Berdoa Saja Tidak Cukup!

24 March 2020 23:00:19
Berdoa Saja Tidak Cukup!
Foto: pixabay

ChanelMuslim.com - Sahabat, kita tentu sudah sering mendengar bahwa doa adalah senjata orang mukmin. Saat kita menginginkan sesuatu, kita berdoa, baik untuk hal-hal yang besar maupun yang kecil. Doa. Doa. Doa.

Namun, doa saja ternyata tidak cukup. Ada sunnatullah yang harus dipenuhi. Kita tidak bisa hanya berdoa, lalu menunggu doa itu dikabulkan Allah. Bukan begitu syarat dan ketentuannya.

Kita seringkali berdoa, “Ya Allah, jadikan hamba termasuk orang-orang yang mendirikan salat.” Namun, hal yang kita lakukan adalah tidur-tiduran saat adzan berkumandang. Setelah itu, kita kembali berdoa, “Ya Allah, jadikan hamba orang-orang yang mendirikan shalat.”

Sahabat, Allah tidak akan mengirimkan malaikatnya untuk mengangkatmu shalat, membuatmu rukuk, dan membantumu sujud. Tidak seperti itu. Engkau harus berdiri, bergerak untuk wudu, kemudian shalat. Berdoalah, tetapi diiringi dengan usaha.

Ketika menginginkan anak yang saleh, kita berdoa, memohon pada Allah agar diberikan keturunan yang saleh. Namun, setelah itu, kita sibuk main gadget, eksis di media sosial, dan menonton sinetron setiap hari. Setelah itu, kita berharap anak kita menjadi saleh tanpa kita mencontohkan dan mendidiknya.

Saat rumah tangga sedang panas, lalu kita berdoa, “Ya Allah, buatlah agar suamiku mencintaiku.” Setelah berdoa, kita berharap suami kita langsung tiba-tiba mencintai kita. Tidak seperti itu. Kita harus tunjukkan rasa cinta terlebih dahulu kepada suami. Lakukan hal-hal yang bisa melembutkan hatinya. Tentu hal yang kita harapkan adalah rumah tangga yang harmonis dan menenteramkan. Untuk mendapatkannya, tentu saja salah satu jalannya adalah berdoa. Namun, doa saja tidak cukup karena diperlukan usaha.

Engkau tidak bisa kalau hanya meminta pada Allah tanpa melakukan usaha apa pun. Tidak akan bisa seperti itu.

Sahabat, tentu kita sebagai orang yang beriman tetap percaya pada dahsyatnya kekuatan doa. Namun, doa perlu diiringi dengan usaha. Itulah bukti kepada Allah bahwa kita sungguh-sungguh menginginkan Allah mengabulkan doa kita. Jadi, kita harus berusaha agar kekuatan doa itu terkabul. Bukankah Allah tidak akan mengubah kondisi suatu kaum, kecuali kaum itu berusaha mengubahnya sendiri?

Hal yang perlu kita ingat adalah kita tidak bisa hanya berdoa tanpa melakukan sesuatu. Itu tandanya kita malas. Kita tidak bisa berusaha saja tanpa berdoa. Itu tandanya kita sombong, lupa pada kekuasaan Allah. Kita harus berdoa dan berusaha karena kita adalah umat muslim.[ind]

Sentani Yuli, 26 Oktober 2015

https://goo.gl/tBuJNQ

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
berdoa saja tidak cukup!
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
03 August 2020 13:15:01

Seri Cinta Sahabat, Rabi'ah Ibnu Ka'ab

 
KHAZANAH
10 November 2019 09:34:29

Hakikat Keturunan dalam Alquran

 
KHAZANAH
14 May 2020 12:15:01

Istri Shalihah Tetap Cerdas di Masa Sulit

 
KHAZANAH
10 May 2020 22:27:20

Bapak

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284