ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

10 Alasan Pentingnya Keluarga Makan Sahur dan berbuka Bersama

09 May 2019 10:59:06
sahur,berbuka,bersama,keluarga
rawpixel.com

ChanelMuslim.com – Di India ada pepatah "Keluarga yang makan bersama, akan tetap bersama". Tetapi di dunia yang serba cepat saat ini, seberapa sering kita benar-benar duduk dan makan bersama keluarga kita? Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa manfaat yang mungkin Anda rindukan jika Anda pulang terlambat dari kantor atau ragu untuk duduk bersama pasangan, anak-anak, dan mertua untuk makan bersama.

Keluarga adalah sumber utama kebahagiaan kita. Mereka juga memberikan kekuatan kepada kita untuk menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Waktu terbaik dalam Ramadhan ini yang bisa kita habiskan bersama keluarga adalah waktu makan sahur dan berbuka. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan pentingnya makan bersama.

1. Etika makan yang baik

Ketika keluarga makan bersama, mereka sedang melakukan salah satu hal paling menyenangkan di dunia. Anak-anak yang makan dengan orang tua mereka cenderung memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dan juga etika makan dan perilaku yang baik.

2. Pilihan makan yang lebih baik

makan bersama keluarga membuat kita hanya memilih makanan yang sehat untuk semua orang. Kita selalu berhadapan dengan pilihan junk food atau makanan yang lebih sehat. Anak-anak akan selalu menjadi pengamat orangtuanya dan mereka cenderung mengambil kebiasaan makan orangtua mereka.

3. Keterbukaan terhadap makanan baru

Ketika acara makan bersama dengan anak-anak, mereka akan melihat orangtua mereka makan berbagai jenis makanan. Perlahan dan bertahap, mereka juga mulai makan makanan itu dan terbuka terhadap semua makanan baru yang mungkin kita perkenalkan saat mereka tumbuh.

4. Ikatan lebih baik dengan anggota keluarga

Makan bersama adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan membangun ikatan yang lebih baik juga. Ketika makan bersama keluarga menjadi kegiatan rutin, maka akan memberikan rasa aman kepada anak dan mereka mulai mengembangkan rasa memiliki dan percaya kepada keluarganya. Selain itu, makan malam adalah waktu terbaik untuk berbagi cerita tentang apa saja yang dialami oleh anggota keluarga.

5. Kinerja yang lebih baik di sekolah

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang makan enam sampai tujuh kali dalam seminggu bersama keluarga mereka memiliki kinerja akademis yang lebih baik daripada anak-anak yang jarang makan bersama keluarganya. Karena alasan itulah yang menjadi bukti jika makan bersama keluarga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan emosi dan fisik anak, tetapi juga untuk kemajuan akademisnya.

6. Manajemen berat badan

Makan bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak menjaga berat badan mereka. Obesitas tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi banyak anak kecil dan remaja berjuang melawan masalah berat badan karena kebiasaan makan yang tidak tepat. Namun, ketika kita makan bersama anak-anak, kita dapat memantau apa yang anak-anak makan.

7. Mengurangi stres

Baik orang dewasa maupun anak-anak muda berjuang melawan stres mereka. Stres dapat menjauhkan kita dari sikap positif dan kebahagiaan. Salah satu penghilang stres terbaik adalah makan bersama dengan orang yang kita cintai. Ketika kita makan makanan dengan orang yang kita cintai, tubuh kita melepaskan hormon perasaan-baik yang dikenal sebagai oksitosin. Hormon ini tidak hanya membantu kita untuk merasa lebih baik tetapi juga membuang stres.

8. Memberika solusi dari masalah

Percakapan dan makanan adalah kombinasi sempurna, dan kebanyakan dari kita suka berbicara dengan anggota keluarga kita saat makan. Anak-anak biasanya akan terbuka tentang masalah yang mungkin mereka hadapi. Bahkan orangtua juga dapat berbagi kekhawatirannya dengan keluarga. Orangrua dapat memberi saran dan membimbing anak-anak dan membantu mereka memecahkan masalah dan meringankan kekhawatiran mereka. Ini adalah waktu yang tepat untuk berbagi hal-hal pribadi dan melakukan percakapan yang bermakna.

9. Mengurangi kebiasaan di depan layar TV atau gawai

Anak-anak cenderung menonton televisi atau akrab dengan telepon pintar saat mereka makan sendirian. Ini tidak sehat karena mereka tidak menyadari apa yang mereka makan, sehingga membuat mereka makan terlalu banyak. Namun, makan bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk mengembangkan ikatan yang baik, melakukan percakapan yang bermakna dan juga mengurangi waktu menonton di layar TV atau gawai.

10. Ekonomis

Memasak makanan di rumah untuk seluruh keluarga lebih ekonomis dibandingkan dengan makan di luar. Makan makanan rumahan bersama keluarga tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga membantu dalam menghemat uang.

Yang lebih penting melakukan makan sahur dan berbuka bersama keluarga adalah kegiatan yang paling menyenangkan di dunia. Mulai ramadhan ini cobalah meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga setiap hari! [Maya/sumber: firstcry]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sahur
berbuka
bersama
keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
PARENTING
05 January 2019 07:40:29

Mengasah Kemampuan Anak, Bakat Saja Tidak Cukup

 
PARENTING
13 February 2019 13:45:06

Anak Tukang Gosip, Berikut Tips Orang Tua Beri Edukasi

 
PARENTING
04 December 2018 19:40:17

Kenapa Anak-anak Dilibatkan pada Reuni Aksi 212?

 
PARENTING
17 April 2018 13:27:51

Yakin pada Qadha dan Qadar Bagian dari Parenting

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284