ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 12 Desember 2019 | 15 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
OASE

Mitos Mitos Seputar Micin

20 November 2017 00:22:27
Mitos Mitos Seputar Micin

ChanelMuslim.com - "Jangan pakai micin, bang!" sering terdengar atau mengatakan kalimat itu saat memesan makanan di kaki lima. Miicn alias monosoduium glutamat (MSG), atau banyak produsen makanan kemasan menggunakan istilah mononatrium glutamat, memang kerap dianggap sebagai ‘racun’ yang bisa menganggu kesehatan tubuh kita, terutama balita dan ibu hamil. Benarkah hal tersebut?

Berikut ini adalah mitos mitos seputar micin. 

1. MSG adalah bahan pengawet

Faktanya tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa MSG adalah bahan pengawet makanan. Malahan MSG sudah digunaka selama lebih dari 100 tahun, dengan berbagai studi kelayakan dan keamanan. Konsumsi dan produksi makanan berkadar garam tinggi dan berkadar garam-glutamat tinggi, yang mengandung sodium dan glutamat, bahkan lebih lama lagi, dengan bukti produksi Keju sejak 5.500 SM ("Art of cheese-making is 7,500 years old". Nature. December 12, 2012.)

2. Konsumsi MSG dapat menurunkan intelegensi seseorang terutama berlebihan.

Dalam sebuah wawancara, ahli gizi dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, mengungkap hal yang sama. Ia mengatakan jika mengkonsumsi micin tak akan membuat seseorang menjadi bodoh. Bahkan, jika dikonsumsi secara wajar, micin justru bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan makan bisa menimbulkan masalah.

3. MSG dipercaya menyebabkan berbagai penyakit seperti Asma, Obesitas, Alzheimer, dll 

Tahun 1987, Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA) dari Badan Pangan Dunia milik PBB serta WHO, menempatkan MSG dalam kategori bahan penyedap masakan yang aman dokonsumsi dan tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pernyataan ini diperkuat oleh European Communities Scientific Committee for foods pada tahun 1991. Selanjutnya, Badan Penagwas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada tahun 1995 menyatakan bahwa MSG termasuk sebagai bahan bumbu masakan, seperti halnya garam, merica, dan gula, sehingga aman bagi tubuh. 

4. Jika Hamil, Tidak boleh makan mengandung MSG 

Baca Juga :
»
»
»

Untuk ibu hamil. Bukti klinis memang belum ada. Namun FDA mengganggap MSG aman-aman saja buat ibu hamil. Belum terbukti ibu hamil yang mengonsumsi makanan mengandung MSG akan melahirkan bayi yang mengalami gangguan kesehatan. Penelitian baru dilakukan terhadap tikus hamil yang diberi MSG bubuk dalam dosis tinggi, 4 mg/hari, yang hasilnya menunjukkan MSG mampu menembus plasenta dan otak janin menyerap MSG dua kali lipat daripada otak induknya. Sepuluh hari setelah lahir, anak-anak tikus ini lebih rentan mengalami kejang dibanding dari induk yang tidak mengonsumsi MSG.  jadi mengingat apa pun yang masuk ke ibu akan diaslurkan oleh plasenta ke janin, sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi MSG. 

Untuk balita. Sama halnya dengan ibu hamil, seberapa gram persisnya MSG dapat membahayakan kesehatan anak belum bias dibuktikan secara klinis. Namun, melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia 69/1999, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia melarang tegas penambahan MSG pada makanan pendamping ASI maupun susu formula untuk menghindari risiko gangguan kesehatan yang mungkin timbul, karena pencernaan anak-anak yang belum kuat. 

Batas ambang konsumsi. Belum ada peraturan baku dunia, termasuk yang dikeluarkan oleh lembaga pangan dan kesehatan dunia (FAO dan WHO). Yang sudah bisa diketahui adalah titik optimal rasa gurih yang bisa dirasakan seseorang, yaitu maksimal 5 gram/hari. Dalam peraturan Menteri Kesehatan RI No.722/Menkes/Per/IX/88, penggunaan MSG dibatasi secukupnya, tidak boleh berlebihan. Sayangnya, tidak dijelaskan secara detail berapa gram/hari yang dianjurkan. 

Jadi kalau ada teman Anda yang kelewatan 'lola' atau berbuat diluar batas wajar, jangan disebut ‘Generasi Micin’ lagi ya. (Ilham)



Penulis : anugrahilham
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 01 January 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
15 July 2018 20:54:03

Liburan Telah Usai

 
OASE
30 January 2018 10:00:30

Ketika Kakak Bertanya tentang eLGeBeTe

 
OASE
05 August 2018 11:36:59

Saat Ibu Kembali ke Titik Nol

 
OASE
23 November 2017 10:15:03

Lisan, Sebab Hancurnya Rumah Tangga

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284