ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Kupluk dari Pengganti Topi Hingga Peci

06 December 2017 14:55:54
Kupluk dari Pengganti Topi Hingga Peci

ChanelMuslim.com -  Kupluk atau biasa disebut Beanie Hat adalah aksesoris penutup kepala yang terbuat dari rajutan wol. Namun, kini banyak bahan dari serat buatan yang digunakan untuk membuat kupluk. Biasanya kupluk digunakan di daerah daerah dingin tetapi sekarang aksesoris kepala ini juga dipakai untuk bergaya.

Kupluk mulai digunakan pada awal 1300-an di Desa Archenfiled. Archenfield adalah daerah yang terkenal dengan dombanya sebagai penghasil wol dengan kualitas yang luar biasa. Di sanalah kupluk rajut dengan bahan wol pertama kali tercipta, penutup kepala ini pertama kali disebut Monmouth Cap. Semenjak itu kupluk sering dipakai karena penutup kepala ini memberi kehangatan pada pemakai. Pada tahun 1900-an kupluk kembali dipopulerkan oleh seorang Oceanografi legendaris dari Perancis yang bernama Jacques-Yves Cousteau dengan kesehariannya yang menggunakan kupluk berwarna merah.

Selain memberi kehangatan bagi pemakai, kupluk mempunyai fungsi lain, yaitu :

1. Buat Bergaya

Entah siapa yang membuat trendcenter untuk pertama kalinya. Namun sekarang banyak pria dan wanita menggunakan kupluk sebagai aksesoris kepala. Pemakainnya pun beragam, ada yang menutup seluruh rambutnya dengan Kupluk ini. Ada pula yang menyisakan sedikit rambut di bagian atas dahi, biasanya ini di lakukan oleh para pria.

2. Memberikan Rasa Nyaman Dan Terlindungi

Selain untuk bergaya, kupluk juga sebagai benda untuk melindungi melindungi kepala dari cuaca panas maupun cuaca dingin. Benda kecil ini dapat dibawa ke mana-mana dan sederhana. Tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk menaruh kupluk ini. Bagi yang rambutnya sering berantakan tidak karuan juga akan merasa sangat tertolong karena adanya Kupluk ini. Apalagi untuk para pendaki gunung, mereka pasti akan sangat membutuhkan benda kecil yang satu ini untuk melindungi kepala mereka dalam keadaan panas maupun dingin.

3. Pengganti Peci

Selain buat sekedar gaya atau buat sekedar memberi kenyamanan, kupluk juga berguna sebagai pengganti peci. Ustad-ustad atau pemuda yang sering menggunakan Kupluk untuk sholat diantaranya ada Muzammil Hasballah, Hanan Attaki, Aa Gym, Opick, dan lainnya. Karena memang selayaknya umat islam dianjurkan memakai penutup kepala ketika shalat. (Ilham)



Penulis : anugrahilham
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 01 January 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
08 March 2018 07:17:53

Ibu, Engkau Bekerja untuk Siapa?

 
OASE
25 September 2017 11:08:58

Apakah Akhirnya Kita Seperti Burung Beo Itu

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284