ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 07 Agustus 2020 | 18 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Ribuan Ulat Grayak Serang Ladang Jagung di Ponorogo

03 July 2020 16:41:13
serangan ulat, ponorogo, jawa timur
Sundari dan ladang jagungnya yang diserang ulat, foto: cnnindonesia.com

ChanelMuslim.com- Ribuan ulat jenis grayak lagi-lagi menyerang ladang jagung di kecamatan Slahun, Ponorogo, Jatim. Tanaman jagung yang akan berbuah ini diserang pada bagian daun dan bulir bakal buah. Akibatnya, petani mengalami gagal panen.

Sejak awal tahun ini, sudah beberapa kali petani di wilayah Slahun, Ponorogo, direpotkan dengan kemunculan ribuan ulat jenis grayak. Ulat berwarna hijau dengan panjang empat sentimeter ini memakan daun dan bulir tanaman jagung. Padahal, di usia satu setengah bulan itu, mestinya jagung sudah mulai akan berbuah.

“Usia tanaman sudah 45 hari menjadi rusak. Akibatnya hasil panen menjadi sedikit, mungkin juga akan gagal panen,” ungkap Sundari, seorang petani jagung yang lahannya terkena serangan ulat, seperti dilansir laman cnnindonesia.com, Jumat (3/7).

Menurut Sundari, para petani sudah mencoba upaya penyemprotan anti hama. Tapi hasilnya tidak maksimal karena ulat-ulat bersembunyi pada bagian dalam pohon jagung.

“Ya, akhirnya para petani membersihkan ulat dengan cara manual atau mengambil satu per satu dari tanaman,” tambah Sundari.

Wilayah Slahun memang cocok untuk tanaman jagung. Hal ini karena lokasinya yang berada di lereng gunung. Tapi, justru di lokasi inilah serangan ulat jenis grayak kerap harus dialami petani.

Pihak dinas pertanian Kabupaten Ponorogo sudah turun tangan menangani hama ulat ini. Mulai dari bahan untuk penyemprotan, hingga bantuan tenaga untuk melakukan penyemprotan. Tapi hasilnya masih belum maksimal.

Jika keadaan ini terus berlanjut, para petani akan mengalami kerugian. Untuk biaya bibit, buruh tani, dan pupuk saja bisa menelan biaya satu juta rupiah per petak ladang. Sementara jika tidak ditanami, biaya perawatan tanah juga terus keluar. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
serangan ulat
ponorogo
jawa timur
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
08 February 2019 15:16:36

Mengapa Perempuan Harus Berpolitik

 
NASIONAL
26 September 2017 10:42:47

Ini Respon MUI Terhadap Situs Nikahsirri.com

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga