ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 21 September 2020 | 4 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIHAT

Pahala

10 July 2018 21:17:19
Nasihat, muhasabah
Ilustrasi, foto: xsjjys.com.

ChanelMuslim.com- Suatu kali, seorang murid membonceng sepeda motor yang dikendarai gurunya. Mereka menuju suatu tempat  untuk sebuah keperluan.

Di sebuah pasar, sang guru memarkirkan sepeda motornya. Sang murid terus mengikuti sang guru kemana pun yang sang guru tuju. Di kios sayuran, sang guru membeli bayam, kangkung, kol, dan lainnya. 

Setelah membayar, sang guru berucap, “Terima kasih telah menyediakan begitu banyak keperluan kami. Sayur-sayuran ini begitu hijau, sehat, dan sangat bermanfaat buat kami. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.”

Tukang sayur yang menyimak ucapan sang guru itu pun tak mengatakan apa-apa. Ia hanya diam. Sepertinya, pedagang sayur itu terheran dengan tingkah sang bapak di hadapannya. Dan begitu pun sang murid yang ikut tertegun dengan tingkah gurunya.

Begitu pun ketika di tukang ikan, beras, dan tahu. Sang guru kembali mengucapkan hal serupa setelah membayar. 

Ketika berada di sepeda motor, sang murid menanyakan itu ke gurunya. “Guru, kenapa Anda selalu mengucapkan terima kasih yang berlebihan kepada para pedagang. Bukankah semuanya sudah terbayar dengan uang yang guru bayarkan?”

Sang guru tersenyum. Ia pun menghentikan laju sepeda motornya untuk menyampaikan hal serius kepada muridnya.

“Nak, tidak semua bisa disetarakan dengan uang. Di balik sayur mayur tadi, ikan, tahu, beras dan lainnya; berkumpul begitu banyak jerih payah, kerja keras, pelayanan, perhatian, dan cinta. 

“Yang terlihat mungkin bisa dinilai dengan uang. Tapi hal yang tak terlihat, tak akan pernah setara dengan jumlah uang berapa pun. 

“Muridku, berlatihlah untuk menilai sesuatu yang tak terlihat niscaya kamu akan selalu bersyukur, dan jangan terpaku dengan yang terlihat karena itu akan menjadikanmu kufur,” ungkap sang guru sambil menepuk punggung muridnya. 

**

Kalau saja Allah swt. membalas ibadah kita dengan uang, tentu akan banyak orang yang berbondong-bondong menunaikan ibadah. Masjid penuh. Pengajian luber. Dan orang akan berusaha melek semalaman suntuk untuk ibadah. 

Kenapa hanya dengan pahala? Karena ibadah berangkat dari sesuatu yang tak terlihat, yang tersimpan jauh di lubuk hati yang paling dalam. Di situlah ada ketundukan, ketaatan, dan keridhaan. Dan semua itu tak akan pernah sebanding dengan nilai uang berapa pun. 

Semua ungkapan “terima kasih” dari Yang Maha Kaya itu, pada saatnya, akan dibayarkan dalam bentuk sesuatu yang melampaui nilai materi yang ada di dunia ini. Sesuatu yang belum pernah terlihat, terdengar, bahkan terbersit di hati manusia. (muhammad nuh)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIHAT
14 December 2017 13:30:40

Al-Quds

 
NASIHAT
17 December 2018 07:16:12

Asuh

 
NASIHAT
19 December 2017 10:49:59

Pakan

 
NASIHAT
27 June 2019 01:33:39

Kunci Hidup Ala Peggy Melati Sukma

 
NASIHAT
31 July 2018 11:53:27

Lilin

Senandung Akbar
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284