ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 09 Agustus 2020 | 20 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Pendidikan Kedermawanan Mendatangkan Kecintaan dari Langit dan Bumi

30 July 2020 08:00:01
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , suami istri, , pendidikan Kedermawanan
Ilustrasi (Source: CPA Canada)

Oleh: Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - Setiap anak dilahirkan dalam keadaan suci sehingga sikap anak saat dewasa sangat bergantung kepada contoh dan pendidikan sejak kecil dari ayah dan ibu sebagai kedua orang tuanya.

Maka anak ketika dewasa menjadi orang yang dermawan atau orang yang kikir, itu merupakan buah dari pendidikan dan cermin dari kepribadian ayah dan ibu.

Karena itu ayah dan ibu harus memberikan contoh dan pendidikan kedermawanan kepada anak-anak sejak kecil, terutama saat anak ingin memiliki segalanya untuk dirinya saja dan tidak mau berbagi kepada saudara-saudaranya dan teman-temannya.

Anak harus diberikan pengertian bahwa harta yang dimiliki itu adalah pemberian dari Allah untuk dirinya dan dititipkan untuk orang lain.

Anak harus diarahkan untuk memiliki rasa sayang, peduli dan senang berbagi kepada sesama saudara dan teman-teman, karena sikap tersebut akan menjadi sumber kekayaan baru bagi anak.

Anak diberikan pengertian bahwa untuk hidup itu membutuhkan 2 kekayaan yaitu kekayaan jiwa dan kekayaan harta.

Dengan 2 kekayaan ini diarahkan untuk senang berbagi dan benci kikir lagi menahan harta sehingga muncul sikap kedermawanan.

Ajak anak untuk menyisihkan sebagian uang jajannya dan menabung serta latihlah dan biasakanlah dia untuk berbagi sehingga tumbuh sikap kedermawanan serta berjiwa sosial yang baik dengan lingkungannya.

Anak diberikan pengertian bahwa harta yang diberi oleh Allah itu akan ditanya oleh Allah dihari kiamat apakah digunakan juga untuk berbagi kepada orang lain.

Anak diberikan motivasi bahwa senang berbagi itu sifat orang dermawan yang akan mendatangkan kecintaan dari langit dan dari bumi yaitu kecintaan dari Allah dan dari manusia.

Rasulullah bersabda : "Orang yang dermawan itu dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga dan jauh dari neraka. Sedangkan orang yg kikir itu jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga dan dekat dengan neraka." ( HR. Tirmidzi ).

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak.[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
suami istri
pendidikan kedermawanan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
23 July 2018 21:21:11

Empat Kunci Kebahagiaan

 
KHAZANAH
10 December 2019 00:40:36

Kekuatan Cinta

 
KHAZANAH
26 February 2020 21:42:05

Perhiasan yang Boleh Dipakai Laki-laki

 
KHAZANAH
20 April 2020 08:00:01

Hikmah Allah Turunkan Bencana pada Kita

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga