ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Berlari dari Rasa Bosan

22 April 2020 00:31:21
Berlari dari Rasa Bosan
Foto: Freepik

oleh: Isti Prihandini (Ibu Rumah Tangga)

ChanelMuslim.com - "Gimana rasanya #dirumahaja?"

"Bosen, bosen banget"

Tampaknya itu cuplikan dialog yang melimpah di masyarakat kita selama masa pandemi. Bosan, bosan, dan bosan.

Masyarakat yang patuh pemerintah, berarti sudah sebulan lebih berdiam di rumah. Keluar hanya untuk kebutuhan darurat agar dapur tetap ngebul. Itupun hanya orang dewasa yang keluar.

Sementara anak-anak, di rumah berputar-putar dengan tugas online, game online, tugas online, dan game online.

Bosan, bosan, dan bosan.

Namun, jangan khawatir. Kita tak sendiri menanggung rasa bosan itu. Begitu massal yang menanggung rasa bosan di dunia ini, saat ini.

Satu hal yang hampir pasti, wabah akan berakhir, masa karantina akan berakhir. Sesuatu yang bermula, pasti akan berujung. Kapan? Tidak ada yang tahu pasti.

Namun yang membedakan adalah bagaimana "rupa" orang-orang yang menderita bosan ini akan keluar di akhir masa karantina. Sama-sama mendapat durasi hidup 24 jam sehari di rumah, namun sangat beraneka ragam "produk" akhirnya. Sebagian melakukan kegiatan ini itu untuk "membunuh" waktu, sehingga waktu pun berlalu bagai bangkai; sia-sia. Sebagian melakukan hal-hal yang "menghidupkan" waktu, sehingga waktu pun berlalu bagai pohon; kelak ada buah dan rindang daun yang bisa dinikmati.

Tak begitu jauh di belakang kita, seorang Syaikh At Tarbiyah, KH Rahmat Abdullah sudah mengingatkan kita dengan nasihat puitisnya: Teruslah berlari, hingga kebosanan itu bosan mengejarmu.

"Berlari" dapat dimaknai berbagai bentuk. Sejarah telah mengukir dengan tinta emas karya-karya penulis yang terpuruk di penjara; sebuah tempat di mana kebosanan bercengkerama dengan penderitaan.

Di penjara di tahanan rumah selama dua tahun, Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) menulis Tafsir Al Azhar. Tuduhan Orde Lama bahwa Hamka melakukan makar membuatnya sangat terpukul. Namun perlahan Hamka mengambil hikmah, menghidupkan waktunya di penjara dengan membaca Alquran dan menulis tafsirnya.

Ibnu Taimiyah, ulama besar dari Turki, bolak-balik tujuh kali keluar masuk penjara. Namun di penjaralah lahir karya fenomenal, Majmu-Fatawa, 20 jilid (masing-masing jilid 200-an halaman) tentang fatwa Ibnu Taimiyah mengenai akidah, tauhid, fikih, ushul, hadist, dan tafsir. Ibnu Taimiyah terus menulis hingga ajal menjemputnya di penjara Qal'ah Dimasyiq.

Tafsir Fii Zilalil Qur'an, karya Sayyid Qutb, pun ditulis di penjara. Tafsir Alquran sebanyak 30 jilid ini ditulis di tengah penyiksaan biadab Gamal Abdel Nasser, hingga akhirnya Sayyid Qutb meninggal di tiang gantungan.

Tentulah, deretan karya yang ditulis di tengah kebosanan (ditambah penyiksaan) ini masih panjang jika kita mau menengok ke belakang.

Cara "berlari" dari rasa bosan itu berbeda-beda tiap manusia. Mengatasi bosan di rumah, itu jauh lebih baik dari pada bosan di rumah sakit, apalagi penjara. Tinggal masing-masing kita pilih mana: membunuh waktu atau menghidupkan waktu.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
berlari dari rasa bosan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
04 October 2020 12:21:38

Berharap Iman kan Jadi Teman

 
KHAZANAH
08 March 2020 08:16:03

Terang Taaruf Ajak Millenial Bertaaruf yang Benar

 
KHAZANAH
19 February 2020 20:32:28

Hukum Pernikahan setelah Hamil Duluan

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284