ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 12 Juli 2020 | 22 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Mengenal Kacang Pistachio dan Manfaatnya untuk Kesehatan

25 October 2018 13:00:02
Kacang Pistachio, manfaat kesehatan kacang Pistachio, harga kacang Pistachio,
Kacang Pistachio (source: seasoned advice)

ChanelMuslim.com - Kacang Pistachio atau lebih familiar sebagai kacang Arab karena sering disajikan saat seseorang menunaikan haji dan umrah ke tanah suci. Kacang yang dihasilkan dari Pohon Pistachio ini banyak hidup di wilayah Timur Tengah seperti Iran dan diakui merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Seperti dilansir laman dokter.id mengungkapkan bahwa dalam setiap 100 gram pistachio mengandung sekitar 570 kalori. Selain itu Pistachio juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan berbagai jenis vitamin yang baik untuk tubuh.

Berikut manfaat kesehatan dari Kacang Pistachio:

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Pistachio merupakan salah satu jenis makanan yang harus anda konsumsi bila anda menderita gangguan jantung. Pistachio dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Selain itu, pistachio juga mengandung lemak baik dan dapat membantu meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. Pistachio merupakan salah satu sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang merupakan antioksidan kuat.

Pistachio sama sekali tidak mengandung natrium yang membuatnya sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Pistachio juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan lutein yang dapat membantu menurunkan akumulasi plak lemak di dalam pembuluh darah dan meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Selain itu, berbagai antioksidan ini juga dapat mengurangi oksidasi LDL.

2. Mencegah Kanker

Karoten dan vitamin E yang terdapat di dalam pistachio dapat membantu melindungi tubuh anda dari berbagai efek oksidatif radikal bebas yang berbahaya.

Pistachio juga mengandung gamma tokoferol yang dapat menghambat penetrasi berbagai radiasi berbahaya di dalam kulit. Konsumsi pistachio dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit, kanker prostat, dan kanker paru.

3. Melindungi Sistem Saraf

Pistachio mengandung banyak vitamin B6 yang dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai neurotransmiter. Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk dari vitamin B6, yang berfungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Serotonin, melatonin, dan GABA juga dibentuk dari vitamin B6. Ketiganya berfungsi untuk mengurangi stress di dalam sistem saraf. Selain itu, pistachio juga mengandung sedikit tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.

Mengenal Kacang Pistachio dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Pistachio mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut di dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Pistachio juga mengandung protein yang dapat membantu membakar lemak.

Konsumsi pistachio juga dapat membuat kita merasa kenyang sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio mengandung banyak karoten seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah efek berbahaya dari radikal bebas dan sinar UV terhadap mata, sehingga dapat membantu membuat otot dan jaringan mata tetap kuat.

Selain itu, karoten juga dapat melindungi retina sehingga dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.

Mengenal Kacang Pistachio dan Manfaatnya untuk Kesehatan

6. Menutrisi Kulit dan Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Berbagai antioksidan yang terdapat di dalam pistachio membuatnya sangat baik bagi kulit. Vitamin E di dalamnya dapat membantu melindungi membrane sel dan membuat kulit tampak lebih bersinar serta dapat melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari.

Minyak esensial di dalam pistachio juga dapat membantu mengatasi kulit kering, mencegah penuaan kulit, dan pembentukan noda hitam pada kulit.

Pistachio juga mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan makanan dan membuat usus lebih kuat.

Pistachio juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu meningkatkan kerja saluran cerna.

7. Menurunkan Resiko Diabetes

Pistachio dapat membantu mencegah terjadinya diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh secara signifikan bila dikonsumsi setelah memakan makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi. Pistachio juga dapat membantu mengurangi absorpsi glukosa di dalam darah.

Nah, itulah sekilas mengenai kacang Pistachio dan manfaat Kacang Pistachio bagi kesehatan tubuh.

Masih kurang suka dengan Pistachio nan kaya manfaat? Enggak kan!

Semoga bermanfaat. (jwt/dokter.id)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kacang pistachio
manfaat kesehatan kacang pistachio
harga kacang pistachio
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
21 June 2019 23:32:33

Rajin Shalat Tahajjud Bisa Sembuhkan Kanker

 
ADVERTORIAL
12 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga