ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Jenis Makanan Penyubur Kandungan

13 March 2018 16:33:15
kesehatan, penyubur kandungan, makanan, kehamilan
Foto: Tim

ChanelMuslim.com – Tidak sedikit ahli menganggap bahwa asupan gizi dapat membantu menyuburkan kandungan. Kandungan yang subur tentu mempermudah kehamilan bagi seorang wanita. Para ahli mengatakan apa yang dimakan turut memengaruhi tubuh.

Dikutip dari Alodokter, beberapa jenis makanan mengandung asupan gizi yang bisa membantu menyuburkan kandungan sebagai berikut.

Daging

Daging bisa berupa daging sapi atau ayam rendah lemak. Daging mengandung banyak protein dan kaya akan nutrisi yang baik untuk kandungan yaitu zat besi. Namun, jangan mengonsumsinya lebih dari tiga porsi tiap hari. Menurut penelitian, berlebihan mengonsumsi protein hewani justru bisa menurunkan kesuburan.

Kacang-kacangan berprotein

Mengonsumsi kedelai (tempe atau tahu), kacang polong, atau kacang tanah bisa membantu menyuburkan kandungan. Makanan penyubur kandungan jenis ini lebih rendah lemak dan kalori ketimbang daging sehingga bobot tubuh bisa tetap terjaga. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau Menurut para ahli, mengonsumsi protein hewani dan nabati bisa meningkatkan kesuburan.

Ikan

Zat yang baik untuk mengoptimalkan kinerja reproduksi yaitu asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan lele. Disarankan untuk berhati-hati memilih ikan agar tidak terkontaminasi merkuri. Sebaiknya mengonsumsi ikan tidak lebih dari 340 gram dalam seminggu. Bisa juga dengan memanfaatkan omega-3 dari kacang almond, kenari, dan telur yang diperkaya omega-3 atau DHA.

Susu

Susu dan olahannya seperti susu, keju, yoghurt, juga bagus sebagai makanan penyubur kandungan. Pilih produk yang rendah lemak atau bebas lemak.

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti tawar gandum atau sereal biji-bijian utuh juga bisa membantu kesuburan kandungan. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh memiliki nutrisi penting untuk kesuburan seperti vitamin B, antioksidan dan zat besi. Nutrisi tersebut telah hilang pada karbohidrat olahan.

Makanan mengandung zinc

Zinc memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur. Zinc ditemukan pada tiram. Zinc juga terdapat dalam telur, produk susu, biji-bijian utuh, daging sapi, dan ayam meskipun dalam jumlah sedikit.

Ubi

Menurut beberapa penelitian, kemungkinan ubi memiliki zat yang bisa merangsang ovulasi.

Untuk menyuburkan kandungan juga disarankan agar mengonsumsi vitamin khusus atau multivitamin. Hal ini untuk menambah asupan gizi optimal bagi tubuh. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
penyubur kandungan
makanan
kehamilan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
09 May 2019 06:36:38

Panduan Asupan Nutrisi Anak selama Ramadan

 
KESEHATAN
24 November 2018 15:33:10

Perawatan Rambut Tidak Mudah Rontok bagi Muslimah

 
KESEHATAN
19 July 2018 13:06:15

Bunda, Kurangi Makanan Pedas Saat Hamil

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284