ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 Januari 2021 | 6 Jumadil Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Ibu Pecandu Alkohol, Pengaruhi Sikap Anak

05 January 2015 12:58:38
Ibu Pecandu Alkohol, Pengaruhi Sikap Anak

ChanelMuslim.com - Alkohol dapat merusak saraf otak dan berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika diminum oleh calon ibu ataupun ibu yang tengah mengandung. Terkait dengan aspek biologis, Ahli Neurobiologis dan Terapis Okupasi Dunia Kim Barthel menjelaskan bahwa, saat seorang ibu mengkonsumsi makanan atau obat maka zat yang terkandung didalamnya terbawa di dalam aliran darah ibu, untuk kemudian sampai kepada janinnya.

Janin mulai terbiasa akan zat tersebut, karena secara berkala dia mendapatkannya di dalam perut ibu mereka. Dan ketika mereka lahir maka mereka tidak lagi bisa mendapatkan zat tersebut setelah terpisahnya mereka dari plasenta dan di potongnya tali pusat.

"Sang bayi memiliki ketergantungan atas zat tersebut secara tidak langsung, karena telah terbiasa mengkonsumsi zat ini saat dalam kandungan mereka pun mencari sensasi atau efek dari obat ini di dunia luar kandungan,” ungkapnya dalam seminar “The Behavioral Detective: Evidence and Art”, di Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Ketika sensasi dari zat tersebut tidak lagi dapat di rasakan oleh bayi maka sistem persarafan mereka menjadi “overstimulated” yang menyebabkan gejala penarikan atau The symptoms of withdrawl, gejala bergantung dari terakhir bayi terpapar zat ini kemudian proses metabolisme dan pengeluaran zat tersebut dari dalam tubuh.

Sedangkan, terkait ganguan eksternal, perjalanan hidup anak selama dalam pengasuhan akan membentuk perilaku mereka.

"Pertama ibu yang mengonsumsi alkohol dan obat-obatan, alkohol banyak mempengaruhi otak dibanding obat-obatan. Pengaruh alkohol lebih kuat lebih banyak pengaruhi otak,” ungkapnya. Jika sudah besar, lanjutnya, anak akan mengalami dampak negatif pada sikapnya.

Ibu kecanduan alkohol, kata Kim, memerlukan sebuah terapi oleh terapi okupasi. “Pengaruh alkohol enggak bisa dibersihkan dari otak. Ibu yang stres, bayi akan sama sifatnya nanti seperti ibunya. Bisa gemetaran, tremor, atau menggangu mental mereka,” jelasnya.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
02 October 2018 06:04:33

Mengenal Diet Keto dalam Kesehatan

 
KESEHATAN
27 November 2018 09:30:02

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
03 September 2020 10:53:50

Khasiat Pepaya Mengkal bagi Pencernaan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284