ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 November 2019 | 19 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Buat Pasangan yang Baru Menikah, Berikut Tips Memilih Test Pack

24 June 2019 22:15:56
Buat Pasangan yang Baru Menikah, Berikut Tips Memilih Test Pack
Depositphotos

ChanelMuslim.com--Untuk pasangan yang baru menikah, tentu akan menemukan momen yang paling ditunggu, yaitu saat tanda-tanda kehamilan mulai dirasakan istri, misalnya telat menstruasi, mual di pagi hari dan mudah lapar. Nah, penting sekali untuk mengetahui alat uji kehamilan atau test pack yang beredar di pasaran.

Untuk menguji kehamilan, Anda dapat melakukannya dengan cek ke laboratorium dan cek sendiri dengan test pack di rumah. Umumnya  test pack menjadi pilihan pertama karena harganya lebih terjangkau.  

Sebelum Anda atau suami membeli test pack, penting mengetahui jenis-jenisnya yang (ternyata) banyak macamnya, cara menggunakannya, dan apa yang harus dilakukan selanjutnya setelah melihat hasil test pack.

Test pack merupakan alat uji kehamilan dengan cara mendeteksi kadar hormon human chorionic gonadotropin (HCG) pada urin. HCG ini hanya terdapat pada perempuan hamil dan yang menentukan muncul tidaknya garis dua pada hasil test pack. HCG diproduksi oleh plasenta di dalam rahim.

Setelah sperma membuahi sel telur di saluran tuba falopi, selanjutnya sel telur akan menuju rahim lalu menempel pada dinding rahim. Pada saat sel telur menempel akan melepaskan hormon HCG ke dalam darah dan sebagian masuk ke urin. Hormon HCG bukan hanya sinyal Anda hamil atau tidak, tetapi HCG berperan dalam perkembangan janin.   

Bagi yang baru pertama kali ingin tes kehamilan, tentunya bakal bingung melihat aneka test pack yang ada di pasaran. Pilih yang murah atau mahal? Murah atau mahal tidak berpengaruh banyak pada hasil tes kehamilan Anda. Harga “hanya” menawarkan kenyamanan pada saat Anda melakukan tes kehamilan.

Test pack strip

Yaitu alat tes kehamilan berupa strip plastik yang dicelupkan pada wadah  berisi urin. Setelah membeli test pack strip, jangan buru-buru langsung membuka kemasannya agar tidak merusak strip-nya. Bukalah kemasan test pack hanya pada saat Anda melakukan tes kehamilan.

Untuk mengetahui kadar hormon HCG, celupkan strip selama 5 hingga 10 detik ke dalam wadah berisi urin Anda.  Jangan melewati garis yang tertera pada strip. Setelah 10 detik, Anda dapat melihat hasilnya. Garis dua berwarna merah yang muncul menandakan Anda positif hamil. Garis satu pertanda Anda belum hamil.

Kadang, hasil  tesnya tidak selalu berupa dua garis yang terlihat jelas. Ada yang garis pertamanya terlihat jelas dan garis kedua samar. Nggak masalah, Bunda. Selama hasilnya dua garis Anda tetap positif hamil.

Yang perlu diperhatikan bila hasil test pack-nya kosong alias tidak ada garis sama sekali. Tandanya Anda salah menggunakan test pack strip.

 

Test pack dengan wadah urin

Yaitu alat tes kehamilan berupa stick yang dapat digunakan dengan cara meneteskan urin di atas penampung urine pada stick. Test pack yang satu ini lebih praktis.

Hasil yang terlihat berupa tanda  (+) jika Anda hamil dan (-) apabila Anda tidak hamil. Setelah urin diteteskan pada penampung, diamkan selama  10 detik, hasilnya akan terlihat kurang dari 1 menit.

Test pack digital

Dibandingkan alat tes kehamilan lainnya, harga test pack digital lebih mahal yaitu di atas 300 ribu rupiah. Kelebihannya, Anda bisa menggunakan test pack digital berulang kali hingga baterainya habis.

Test pack digital ini alat tes kehamilan berupa stick dengan ujung stick yang dapat dipasang stripe untuk menyerap urin. Untuk membaca hasilnya, posisikan stripe mendatar rata. Stripe ini setelah dipakai dapat diganti dengan stripe refill.

Test pack USB

Untuk menggunakan test pack USB sama seperti test pack lainnya. Kertas tebal dicelup pada urin, kemudian dipasang pada USB. Agar hasilnya terbaca, Anda harus mengunduh software-nya. Uniknya, USB ini dapat juga dihubungkan ke komputer atau laptop.

Agar hasil test pack akurat, sebaiknya lakukan tes kehamilan 12 hari setelah melakukan hubungan suami istri saat masa subur.  Waktu paling tepat untuk tes kehamilan yaitu setelah bangun tidur di pagi hari. Karena, kadar HCG di pagi hari lebih tinggi.

Hindari juga minum sebelum menggunakan test pack supaya tidak mengurangi konsentrat HCG. Dan, yang paling penting, baca secara detail petunjuk pada kemasan test pack terutama tanggal expired.

Bila hasil test pack berupa garis dua, selanjutnya Anda dan suami dapat melakukan kunjungan ke dokter kandungan untuk mengetahui usia kandungan dan  apa saja yang harus dihindari selama hamil.

Namun, jangan putus semangat bila yang terlihat pada test pack hanya satu garis. Anda dan suami dapat merencanakan lebih matang untuk program kehamilan pertama.[ind/AyahBunda]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
buat pasangan yang baru menikah
berikut tips memilih test pack
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
 
KESEHATAN
26 August 2019 06:06:56

5 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
12 March 2019 07:00:02

Ini Alasan Alpukat Bagus untuk Sarapan di Pagi Hari

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284